25.4 C
Jakarta
Kamis, 28 Maret 2024
BerandaNews8 Pesawat Tempur F-16 dan 6 Helikopter TNI Siap Meriahkan HUT Kemerdekaan...

8 Pesawat Tempur F-16 dan 6 Helikopter TNI Siap Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Dalam rangka menyambut  Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke- 76.

Sebanyak delapan pesawat tempur strategis F-16 Fighting Falcon dan enam pesawat helikopter Tentara Nasional Indonesia (TNI), siap memeriahkan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

- Advertisement -

Kesiapan Alutsista TNI ini, ditandai dengan pelaksanaan latihan (geladi) yang telah berlangsung pada hari ini, Jumat (13/8/2021).

Saat Hari kemerdekaan nanti, 8 pesawat tempur F-16 akan melaksanakan flypast, sementara 6 pesawat helikopter akan melaksanakan Penerbangan Giant Flight Merah-Putih Underslung.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, pelaksanaan geladi pada hari ini, merupakan persiapan sebelum tampil pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

Marsma Indan mengatakan, pelaksanaan Geladi telah melibatkan seluruh pesawat sesuai dengan jumlah pesawat yang akan tampil pada hari pelaksanaannya nanti.

“Untuk flypast melibatkan delapan pesawat tempur F-16, sementara untuk Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dilaksanakan oleh enam pesawat helikopter. Hari ini semuanya telah melaksanakan geladi,” jelas Kadispenau.

Delapan pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16 ini, akan melaksanakan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki.

Delapan pesawat tempur ini akan melaksanakan maneuver bomb burst tepat di atas Istana Merdeka, tempat dilaksanakannya Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI.

Misi penerbangan dengan callsign “Garuda Flight” ini, dipimpin (flight leader) oleh Letkol Pnb Agus Dwi Aryanto yang menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3, Lanud Iswahjudi.

Sementara, Penerbangan Giant Flag Merah-Putih Underslung dengan call sign “Nusantara Flight” dipimpin (Flight Leader) oleh Letkol Pnb Akhmad M. Mulyono yang menjabat sebagai Danskadron Udara 6.

Misi penerbangan ini dibagi dalam dua elemen, dengan tiga helikopter untuk masing-masing elemennya. Kedua elemen penerbangan, akan mengibarkan bendera Merah-Putih ukuran raksasa, yakni 30×20 meter.

Keenam pesawat helikopter ini, terdiri dari satu helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma.

Geladi yang dilaksanakan dari pagi hingga siang hari ini, dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah, seluruh pelaksanaan geladi pada hari ini dapat terselenggara dengan aman, baik dan lancar. Pelaksanaan latihan berikutnya akan dilaksanakan tanggal 14 dan 15 Agustus 2021,” pungkas Marsma Indan.

Latest news

Related news

- Advertisement -