26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaNewsNusantaraTPU Cikutra Longsor Akibat Hujan Deras, 4 Jenazah Dipindahkan

TPU Cikutra Longsor Akibat Hujan Deras, 4 Jenazah Dipindahkan

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Banjir melanda kawasan Cikutra, Kota Bandung, Rabu (10/11/2021). Selain mengakibatkan sejumlah kendaraan yang terbawa arus, hujan deras yang terjadi terus menerus ini juga menyebabkan longsor di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Sedikitnya ada empat jenazah yang harus dipindahkan karena makam mengalami kerusakan akibat longsor.

- Advertisement -

Petugas bersama warga mengevakuasi jenazah dan merapikan material longsoran selepas hujan. Bahkan tampak ada kain kafan yang menyembul dari tanah.

Baca Juga :

Hujan Deras, Belasan Kendaraan Terbawa Arus Banjir di Cikutra Kota Bandung

Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Kota Bandung, Sumpena mengatakan, akibat hujan lebat yang terjadi sekitar pukul 15.00 – 16.00 WIB terdapat empat makam yang tergerus.

“Upaya dari UPT pemakaman wilayah 3 khusus TPU Cikutra akan segera dipindahkan, hari ini juga,” ungkap Sumpena, Rabu (10/11/2021).

Sumpena mengungkapkan upaya untuk penanggulangan kedepannya. Menurut Sumpena, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Penataan Ruang (Distaru) untuk mengkirmirkan Sungai Cidurian.

“Mungkin Distaru akan berkoordinasi dengan SKPD lain, misalkan Dinas PU dan Dinas Bina Marga,” tuturnya.

Selain itu, makam yang rawan longsor juga akan dipindahkan. Pihak UPT juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait agar kejadian serupa tidak kembali terjadi.

“Pasti harapan saya dipindahkan,” tambahnya lagi.

Untuk diketahui, kejadian makam longsor telah terjadi dua kali, pada tahun 2019 di blok E dan F juga mengalami longsor. Tapi kedua blok pemakaman tersebut telah ditangani.

“Alhamdullilah itu sudah tertangani bahkan sudah ada gerak cepat dari SKPD. Tahun kemarin terdapat 35 makam,” pungkasnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -