25.1 C
Jakarta
Senin, 20 September 2021
BerandaHeadlineJoe Biden : Jakarta Bakal Tenggelam Dalam 10 Tahun Ke Depan

Joe Biden : Jakarta Bakal Tenggelam Dalam 10 Tahun Ke Depan

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Jakarta akan tenggelam. Itulah yang dinyatakan oleh NASA pada tahun 2019 lalu. Badan Antariksa Amerika Serikat ini menyatakan wilayah Jakarta beserta pulau reklamasi masuk dalam kota pesisir yang terancam tenggelam oleh banyak faktor.

NASA mengkritik pemompaan air tanah secara luas akan menyebabkan wilayah kota akan cepat tenggelam. Menurut beberapa perkiraan, sebanyak 40 persen wilayah kota Jakarta sekarang berada di bawah permukaan laut.

- Advertisement -

“Sejak awal banjir telah menjadi masalah kota Jakarta. Di mana Jakarta terletak di sepanjang beberapa sungai dataran rendah yang meluap selama musim hujan. Dalam beberapa dekade terakhir, masalah banjir semakin memburuk, sebagian didorong oleh pemompaan air tanah secara luas,” tulis Adam Voiland, seorang ilmuwan dan juga penulis sains di NASA Earth Observatory.

Selain itu, banyak saluran sungai dan kanal yang menyempit atau tersumbat secara berkala oleh sedimen dan sampah, sehingga sangat rentan terhadap luapan air.

Di waktu terpisah, pernyataan NASA tersebut diungkit kembali oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dalam pidatonya di Pusat Kontra-Terorisme Nasional AS, Selasa (27/7/2021). Biden menyebut soal proyeksi kemungkinan ibu kota Indonesia, Jakarta bakal tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Fenomena perubahan iklim yang jadi salah satu faktor Indonesia berencana memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

Ia mengatakan, jika permukaan air laut 2,5 kaki atau 7,6 cm saja, akan ada jutaan orang yang harus pindah dari lokasi yang ditinggali saat ini dan berebut lahan subur.

Menurutnya, jika hal itu benar terjadi seperti sesuai proyeksi bahwa Jakarta akan tenggelam pada 10 tahun mendatang. Hal inilah yang kemudian mendorong Pemerintah RI saat ini mulai mewujudkan rencana memindahkan ibu kota ke Kalimantan.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika perkiraan itu benar, bahwa dalam sepuluh tahun, mereka kemungkinan harus memindahkan ibu kota karena tenggelam?” ujar Biden dalam pidatonya seperti yang diunggah di situs resmi Gedung Putih.

Biden sebenarnya sedang memaparkan bahaya perubahan iklim dan cara mengantisipasinya. Namun, ia tak menjabarkan lebih lanjut dasar analisis proyeksi Jakarta tenggelam tersebut.

Biden pun meminta AS untuk bekerja sama dengan dunia dalam upaya mencegah dampak perubahan iklim lebih jauh.

Latest news

Related news

- Advertisement -