32.4 C
Jakarta
Kamis, 16 Mei 2024
BerandaHeadlineSiap-Siap, PPKM Darurat Jawa Bali Akan Diperpanjang

Siap-Siap, PPKM Darurat Jawa Bali Akan Diperpanjang

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Masa PPKM Darurat akan segera berakhir pada 20 Juli mendatang. Namun, pemerintah berencana akan perpanjang PPKM Darurat Jawa Bali jika trend kasus Covid-19 tidak menurun.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan PPKM Darurat Jawa Bali sangat dimungkinkan akan diperpanjang apabila perkembangan kasus Covid-19 tidak terkendali.

- Advertisement -

“Jika kondisi belum cukup terkendali, maka perpanjangan kebijakan maupun penerapan kebijakan lain bukanlah hal yang tak mungkin dilakukan,” katanya kepada wartawan.

Wiku melanjutkan, saat ini pemerintah tengah melakukan evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat di sejumlah Kabupaten dan kota. Wiku berharap dengan pemberlakuan PPKM Darurat mampu menekan laju penyebaran Covid-19 nasional secara signifikan.

Menurut Wiku, perpanjangan PPKM Darurat didorong berdasarkan parameter bahwa kemampuan testing Covid-19 yang dinilai masih lamban. Testing tersebut mencakup batas minimal harian menurut standar badan kesehatan dunia di bawah PBB (WHO) maupun tes telusur terhadap riwayat kontak erat.

Untuk diketahui, WHO telah menetapkan standar minimal testing sebanyak 1.000 orang per sejuta populasi per pekan.

Sedangkan standar testing minimal kontak erat pemerintah juga menetapkan target sebanyak 300 ribu tes per 300 temuan kasus.

Wiku menerangkan bahwa pemerintah telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk terus meningkat kemampuan tes dan telusur agar laju penyebaran tetap terkendali. Upaya pengendalian kasus juga dilakukan lewat posko-posko yang didirikan masyarakat secara swadaya.

Latest news

Related news

- Advertisement -