28.3 C
Jakarta
Minggu, 5 Desember 2021
BerandaHeadlineCovid-19 Makin Tinggi, Rumah Sakit Penuh? Tenang, Ini Dia Tips Isolasi Mandiri...

Covid-19 Makin Tinggi, Rumah Sakit Penuh? Tenang, Ini Dia Tips Isolasi Mandiri Bersama Anggota Keluarga di Rumah

- Advertisement -

Jakarta, Indochannel.id – Angka kasus Positif Covid-19 terus melonjak di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga ketersedian rumah sakit untuk memberikan pelayanan pasien jalani isolasi sangat minim.

Lalu bagaimana tips melakukan isolasi mandiri di rumah dengan aman dan dapat melindungi anggota keluarga agar tidak ikut tertular.

- Advertisement -

Menurut Pakar penyakit menular Oksana Pyzik mengatakan salah satu hal utama adalah memastikan ventilasi di rumah berjalan dengan sangat baik.

“Sebab, penyakit ini bisa menular di ruangan tertutup,” jelasnya, seperti dilansir laman HuffPost.

Oksana melanjutkan sebenarnya meskipun tinggal satu atap dengan pasien covid-19 dan melakukan kontak dekat, tidak otomatis akan terinfeksi hal tersebut dapat dibuktikan banyak kasus hanya 1 orang yang positif, selebihnya tetap negatif covid-19.

“Penelitian di New York menunjukkan bahwa sekira 38 persen kontak keluarga dinyatakan positif. Ini sebanding dengan tingkat infeksi sekunder yang dilaporkan di China,” terang Pyzik.

Meski demikan, Oksana mewanti-wanti protokol kesehatan secara ketat wajib dijalankan sebagai bentuk “vaksin” yang diakui paling ampuh. Ini benar, karena bagaimana pun ada risiko di sana.

Selain menjalankan protokol kesehatan, Pyzik punya saran untuk mengurangi risiko 38 persen penularan covid-19 di rumah. Misalnya dengan selalu membuka jendela dan pastikan menjaga jarak dengan pasien covid-19.

“Menutup dudukan toilet sebelum menyiram juga dapat mengurangi aerosol yang mengandung virus yang mungkin ada di sirkulasi kamar mandi,” bebernya.

Latest news

Related news

- Advertisement -