26 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli 2024
BerandaUncategorizedJan Maringka Ungguli Elektabilitas Pilgub Sulut 2024

Jan Maringka Ungguli Elektabilitas Pilgub Sulut 2024

- Advertisement -

Sulut,IndoChannel.Id – Tokoh Sulawesi Utara, Jan Maringka, berhasil unggul dalam survei elektabilitas calon Gubernur Sulut untuk Pemilihan Gubernur 2024. Survei ini dilakukan oleh Timur Barat Research Center (TBRC) Sulawesi Utara.

Data yang dikumpulkan antara 25 Juni hingga 4 Juli 2024 ini menunjukkan beberapa simulasi. Salah satunya adalah tingkat elektabilitas calon gubernur Sulawesi Utara secara top of mind.

- Advertisement -

“Berdasarkan survei TBRC, hasilnya adalah sebagai berikut: Elly Engelbert Lasut 25,3%, Jan Maringka 24,2%, Steven Kandouw 6,7%, Christiany Eugenia Paruntu 5,3%, Tatong Bara 4,8%, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 3,1%, Yulius Selvanus Komaling 2,8%, James Sumendap 2,1%, Vicky Lumentut 1,1%, Ronny Franky Sompie 1,1%, Carlo Brix Tewu 1,1%, lainnya 1%, dan belum memutuskan 18,4%,” kata Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo, di Manado, Sabtu (6/7/2024).

Menurut Romeo, hasil survei ini menjadi menarik menjelang Pilgub Sulawesi Utara. “Provinsi ini adalah beranda paling utara Indonesia dan sekaligus pintu gerbang Asia Pasifik,” ujarnya.

Jan Maringka dikenal sebagai sosok bersih dan memiliki integritas tinggi dalam pekerjaannya. “Hal ini membuat masyarakat Sulawesi Utara mengapresiasi Maringka dengan signifikan. Dalam survei tertutup untuk mengukur preferensi masyarakat Sulawesi Utara jelang Pilgub, tingkat keterpilihan Jan Maringka mencapai 26,3%, melebihi Elly Engelbert Lasut yang mencapai 24,7%,” jelas Romeo.

“Petahana Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, memiliki tingkat keterpilihan 13,4%, diikuti Mayjen (Purn) Yulius Komaling 8,1%, Rita Tamuntuan 7,3%, mantan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara 4,2%, dan Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Christiany Eugenia Paruntu 4,1%. Sementara itu, responden yang tidak memilih sebanyak 11,9%,” lanjutnya.

Dalam simulasi pertanyaan tertutup untuk 10 nama calon gubernur, hasilnya adalah: Jan Maringka 27,3%, Elly Engelbert Lasut 26,4%, Steven Kandouw 9,5%, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 6,8%, Christiany Eugenia Paruntu 5,8%, Tatong Bara 4,5%, Yulius Selvanus Komaling 4,2%, Vicky Lumentut 1,6%, Ronny Franky Sompie 0,4%, Carlo Brix Tewu 0,3%, dan tidak memilih 13,2%.

“Dari survei yang melibatkan 1800 warga Sulawesi Utara yang sudah memiliki hak pilih, tersebar secara proporsional di 11 kabupaten dan 4 kota di Sulut, hasil ini memiliki margin of error +/- 2,31% dengan tingkat kepercayaan 95%,” jelas Romeo.

“Kesimpulannya, tiga nama yang konsisten berada di peringkat teratas adalah Jan Maringka, Elly Engelbert Lasut, dan Steven Kandouw. Ini didasarkan pada perilaku pemilih di Sulawesi Utara yang unik, demokratis, serta rasional, dengan literasi dan pengetahuan di atas rata-rata. Pemilih di Sulut tahu bagaimana memilih pemimpin yang dapat memajukan dan menjaga kesatuan NKRI,” tutup Romeo.

Latest news

Related news

- Advertisement -