26.1 C
Jakarta
Kamis, 18 April 2024
BerandaNewsNusantaraLatma Cope West 2022 berakhir, TNI AU dan US PACAF Raih Sejumlah...

Latma Cope West 2022 berakhir, TNI AU dan US PACAF Raih Sejumlah Capaian Kerjasama

- Advertisement -

Malang, IndoChannel.id – Latihan Bersama (Latma) Cope West Mobility Air Force 2022 yang digelar TNI AU dan United State Pacific Air Force (US PACAF), di Lanud Abdulrachman Saleh Malang, berakhir. Latihan secara resmi ditutup Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsma TNI Zulfahmi dan Ketua delegasi US PACAF Colonel Ian Feances, Jumat (24/6/2022).

Kedua pejabat sama-sama menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta latihan, yang telah menjalani latihan dengan sangat baik, sehingga seluruh tahapan latihan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan memenuhi sasaran.

- Advertisement -

Danlanud Abdulrachman Saleh mengatakan, sejumlah capaian yang diraih kedua angkatan udara menunjukkan terbangunnya interoperabilitas dan kerjasama yang kuat antara TNI AU dan US PACAF.

“Sejumlah capaian dalam latihan, interoperabilitas, koordinasi, komunikasi dan kerjasama dalam perencanaan dan pelaksanaan latihan dapat terselenggara dengan sangat baik,” ungkap Danlanud Abdulrachman Saleh.

Danlanud Abd Saleh menambahkan, tujuan latihan dapat dicapai dengan optimal, yakni terwujudnya sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman para peserta, khususnya pada manuver taktis mobilitas udara antara pesawat C-130 Hercules TNI AU dan US PACAF. Selain itu juga semakin eratnya hubungan baik kedua angkatan udara.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Colonel Ian Frances. Pihaknya menilai, Cope West 2022 di Lanud Abd Saleh mencapai kesuksesan yang fantastis.

“Dari semua yang saya lihat, kegiatan ini mencapai kesuksesan yang fantastis. Latihan ini sungguh luar biasa, persahabatan yang terbangun sugguh luar biasa. Latihan yang mengedepankan keselamatan juga terlihat,” ungkap ketua delegasi US PACAF.

Colonel Ian Frances juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Skadron Udara 32 yang telah menjadi tuan rumah Cope West 2022 dengan baik.

Semua pihak telah melakukan tugas sesuai bidangnya, untuk memastikan kedua angkatan udara dapat berperan dalam perdamaian regional dan kesejahteraan bagi semua orang,” katanya.

“Terima kasih untuk keluarga besar Skadron 32 yang telah membagikan keahlian anda semua dan juga untuk menjadi tuan rumah yang luar biasa,” ujar Colonel Ian Frances.

Cope West Mobility Air Force 2022 melibatkan empat pesawat C-130 Hercules. TNI AU melibatkan dua C-130H dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachmsn Saleh. Sementara US PACAF mengerahkan dua C-130J US PACAF dari Skadron 36 Yokota, Jepang

Sebanyak 70 personel US PACAF dan 90 personel TNI AU, turut ambil bagian dalam latihan antar kedua negara bersahabat tersebut.

Sebelum upacara penutupan, ditampilkan kemampuan seni bela diri prajurit Yonko 464 Pasgat dan penampilan Wara Lanud Abdulrachman Saleh dan seluruh peserta latihan yang memainkan tarian kolosal Gemu Famire.

Acara penutupan diakhiri dengan Low Pass tiga pesawat C-130 Hercules (2 C-130 TNI AU dan 1 C-130 US PACAF) melintas di atas lapangan upacara.

Upacara penutupan dihadiri oleh Danwing 2, Dandepohar 30 dan para pejabat jajaran Lanud Abdulrachman Saleh dan Depohar 30, serta sejumlah delegasi US PACAF.

Latest news

Related news

- Advertisement -