32.8 C
Jakarta
Jumat, 26 Juli 2024
BerandaNewsNasionalIni Profil Kepala IKN Nusantara yang Akan Dilantik Presiden Joko Widodo Hari...

Ini Profil Kepala IKN Nusantara yang Akan Dilantik Presiden Joko Widodo Hari Ini

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dilantik hari ini, Kamis (10/3/2022). Pelantikan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 15.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima, Kepala IKN Nusantara akan dijabat oleh Bambang Susantono. Sedangkan Wakil Kepala IKN diduduki oleh Donny Rahajoe.

- Advertisement -

Nama Bambang Susantono bukanlah orang baru dalam pemerintahan. Ia sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Bambang Susantono yang lahir pada 4 November 1963 ini adalah orang yang berbakat untuk perencanaan infrastruktur dan transportasi. Bambang juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Tak hanya itu, Bambang juga pernah menduduki posisi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini awalnya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum. Pada 1996 dia meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley.

Selepas tak lagi menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan, ia fokus berkarir di luar negeri. Ia dipercaya menjabat sebagai Vice President Asian Development Bank (ADB). Dia bertanggung jawab untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim hingga riset ekonomi serta kerjasama regional.

Di ADB Bambang juga mengawasi pengembangan publikasi dan laporan unggulan ADB tentang indikator pembangunan Asia, outlook pembangunan Asia dan indikator ekonomi. Posisi Bambang di ADB menggantikan Bindu Lohani yang telah memasuki masa pensiun.

ADB menilai, Bambang memiliki pengalaman panjang sebagai akademisi, dan sebelumnya turut memberi masukan terhadap kebijakan pemerintah, sektor swasta, dan berbagai organisasi internasional.

Bambang juga pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS).

Latest news

Related news

- Advertisement -