32.7 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus 2022
BerandaNewsNasionalPemulihan Ekonomi Nasional, Pakar Telekomunikasi: Harus Ada Dukungan Pemerintah dan Pelaku Usaha...

Pemulihan Ekonomi Nasional, Pakar Telekomunikasi: Harus Ada Dukungan Pemerintah dan Pelaku Usaha dalam Pemerataan BTS

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Program pemerataan infrastruktur telekomunikasi di daerah Terpencil, Terluar, dan Tertinggal (3T) harus didukung oleh berbagai pihak.

Program tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi dan pasca pandemic Covid-19.

- Advertisement -

Pakar Telekomunikasi dari Indonesia Digital Empowering Community (IDEC) M Tesar Sadikapura mengatakan dukungan pertama yani para pelaku usaha dibidang instruktur telekomunikasi harus mendukung penuh dalam pemerataan Base Transceiver Station (BTS) di daerah terpencil agar pemerataan jaringan bisa merata ke seluruh nusantara.

“Ada dukungan juga dari para pelaku usaha dibidang itu, dalam melakukan pemerataan BTS,” katanya kepada wartawan. Kamis (9/12/2021).

Kemudian, untuk terciptanya infrastruktur telekomunikasi, pemerintah dan pelaku usaha penyedia infrastruktur telekomunikasi harus merangkul tokoh masyarakat untuk diberikan edukasi pentingnya telekomunikasi di daerah.

“Para tokoh masyarakat dan pemilik lahan (yang akan dibangun infrastruktur telekomunikasi ) dieberikan edukasi dan pemahanan pembangunan infrastruktur di daerahnya karena digital suatu keniscayaan,” ucapnya.

Tesar mengungkapkan transformasi digital di semua lini adalah suatu perubahan yang perlu kita dukung, oleh karena itu sebaiknya para praktisi pelaku usaha atau akademisi mendukung segala upaya agar perekonomian digital bisa tumbuh di daerahnya termasuk pembangunan infrastruktur karena dengan terbentuknya informasi digital di daerah tersebut tentu ekonomi di daerah tersebut akan terangkat karena di era digital, market menjadi luas karena di dukung oleh sarana telekomunikasi.

“Pemerintah harus tegas dengan segala upaya agar infrastruktur di daerah 3T dapat terealisasi dengan cepat salah satunya adalah dengan mendorong Bakti kominfo untuk segera merealisasikan tersebut. Tentu tidak hanya pemerintah, juga bisa dibantu oleh pihak swasta baik itu seperti lokal maupun operator besar tidak mau atau keberatan karena ada unsur bisnis yang tidak menutupi biaya operasionalnya, kominfo juga mesti membuat spekulasi yang ketat bahwa operator wajib menyisihkan sebagian budgetnya untuk tetap membangun infrastruktur di daerah yang tertinggal sehingga blankspot yang masih terjadi di daerah 3T bisa segera terpenuhi,” tutupnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -