32.7 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus 2022
BerandaNewsNasionalDongkrak Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19, Pemerintah Segerakan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

Dongkrak Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19, Pemerintah Segerakan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pemerintah Indonesia memprioritaskan pembangunan infrastruktur telekomunikasi sebagai dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi dan pasca pandemi.

Pakar Telekomunikasi dari Indonesia Digital Empowering Community (IDEC) M Tesar Sadikapura mengatakan pembangunan dan pemerataan infrastruktur telekomunikasi sesuai dengan peraturan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

- Advertisement -

Tesar melanjutkan untuk mendapatkan pemerataan fasilitas telekomunikasi dan digital, pemerintah harus bekerjasama dengan pelaku bisnis dan komunikasi untuk membangunan infrastruktur telekomunikasi.

“Semenjak pandemi, digital itu suatu keharusan, apalagi sekolah juga sudah daring. Suatu daerah yang tidak memiliki akses internet, mereka akan sulit sekali dalam perkembangan jaman dan juga ekonomi mereka akan sulit berkembang. Jadi memang ini butuh kerjasama antara pemerintah, pelaku bisnis dan komunikasi,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Tesar menambahkan selain bekerjasama dengan pelaku bisnis dan komunikasi. Pemerintah juga harus merangkul masyarakat agar mendapatkan dukungan pemasangan infrastruktur telekomunikasi seperti tower maupun Base Transceiver Station (BTS).

“Masalah pembebasan lahan, mereka takut ada penyakit. Berarti harus ada edukasi. Yang paling penting adalah memindahkan lahan mereka untuk alat komunikasi yang dipasang. Jadi harus ada kearifan lokal, bisa menjembatani jika ada masalah pembebasan lahan,” terangnya.

Tesar meminta pemerintah melakukan pemasangan infrastruktur telekomunikasi di lokasi Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

“Ada kemauan bahwa teknologi ini menjadi suatu ekonomi ke depan. Jadi harus ada yang berani masuk ke daerah yang 3T tadi,” ucapnya.

Pasalnya, saat ini infrastruktur telekomunikasi di Indonesia belum menyeluruh ke seluruh wilayah Indonesia. Infrastruktur telekomunikasi hanya di dominasi di daerah Jawa dan Sumatera.

“70-80% banyak di daerah Jawa dan Sumatera, sisanya di daerah timur blankspot. Jadi mesti ada saling mengisi harusnya bisa menjangkau ke daerah lain,” tutupnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -