26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaNewsNusantaraJelang Tahun Baru, Polda Metro Jaya Akan Terapkan Crowd Free Night

Jelang Tahun Baru, Polda Metro Jaya Akan Terapkan Crowd Free Night

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pemerintah menerapkan PPKM level 3 di seluruh tanah air pada peride libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hal ini sebagai upaya mencegah lonjakan kasus penularan Covid-19 di Indonesia.

PPKM Level 3 tersebut akan berlaku lebih dari sepekan, yakni mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Sejumlah pembatasan mobilitas akan diterapkan sebagai implementasi dari PPKM ini.

- Advertisement -

Salah satunya di DKI Jakarta, Polda Metro Jaya berencana akan menerapkan crowd free night (CFN) di sejumlah titik pada malam pergantian tahun baru.

“Seperti malam tahun baru 2020 ke 2021, nanti pergantian malam tahun baru ke 2021 ke 2022 kami juga melakukan hal yang sama (crowd free night),” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (23/11/2021).

Sebelumnya, crowd free night sudah pernah dilakukan pada September 2021. Pada saat itu pihak kepolisian menerjunkan lebih dari 500 personel tiap malam untuk melakukan tindakan sterilisasi di sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Penjagaan dimulai sejak pukul 00.00 WIB dan berakhir menjelang pagi hari pukul 04.00 WIB. Hal tersebut dilakukan demi mengurangi mobilitas di Jakarta pada malam hari.

Sambodo menjelaskan bahwa pihaknya masih terus mematangkan teknis penerapan CFN tersebut. Diperkirakan lokasi penerapannya juga bakal bertambah dibanding penerapan sebelumnya.

“Jadi tidak hanya Sudirman-Thamrin, tetapi juga tempat-tempat yang sering jadi tempat perayaan tahun baru seperti di Taman Mini, Ancol, dan lokasi-lokasi lain yang sering dijadikan tempat pelaksanaan acara tahun baru, kita akan lakukan crowd free night,” kata Sambodo.

“Kita jaga agar setelah libur Natal dan tahun baru tidak jadi peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan,” sambungnya lagi.

Latest news

Related news

- Advertisement -