26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaNewsNasionalPasca Operasi Kanker Prostat, SBY: Sebagai Pasien, Saya Akan Patuh

Pasca Operasi Kanker Prostat, SBY: Sebagai Pasien, Saya Akan Patuh

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlihat sedang menyapa dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @aniyudhoyono. SBY mengatakan jika dirinya masih berada di rumah sakit Amerika Serikat setelah beberapa waktu lalu Ia menjalani operasi kanker prostat.

“Saat ini saya berada di Mayo Clinic Rochester, Amerika serikat. Rochester adalah kota kecil terletak di bagian Minnesota, di mana rumah sakit Mayo berada,” ujar SBY dalam video yang diunggah, Selasa (23/11/2021).

- Advertisement -

SBY mengatakan dirinya masih mendengar keingintahuan masyarakat Indonesia atas kondisi kesehatannya. Karena itu, melalui video berdurasi sekira 6 menit itu, SBY menjelaskan terkait kondisinya saat ini.

“Dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, serta doa dari saudara-saudara masyarakat Indonesia, Alhamdulillah saya telah menjalani tindakan medis, operasi besar untuk mengangkat prostat saya yang di dalamnya ada sel-sel kanker,” tuturnya.

Operasi itu telah berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan ekspektasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic, dan tentu harapan SBY sendiri. Saat ini, pasca tindakan medis SBY masih melakukan pemulihan setelah operasi besar itu.

“Hari ini saya juga melakukan kontrol,” ujarnya.

Menurutnya, setelah melakukan operasi, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang dialami SBY sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang mengalami operasi pengangkatan kanker prostat. Operasi besar yang dijalani SBY tentu memiliki sejumlah risiko.

“Dan pada usia saya yang ke-72 tahun ini, risiko itu bertambah besar. Namun saya telah mengambil keputusan dan setelah berkonsultasi tentunya dengan tim dokter, utamanya tim dokter kepresidenan. Bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya, untuk kondisi saya, paling tepat,” kata SBY.

Hal serupa juga dilakukan oleh pihak Mayo Clinic setelah melihat hasil patologi kanker yang ada pada tubuh SBY, maka pilihan operasi besar adalah langkah tepat dan benar.

“Saya akan patuh untuk menjalankan apa-apa yang perlu saya lakukan sebagai pasien pasca operasi,” ujar SBY.

Terakhir, SBY pun menyatakan ucapan terima kasih dengan syukur dan haru atas doa yang disampaikan oleh banyak pihak pada dirinya, baik melalui telfon, medsos, doa bersama, maupun yang mengunjungi dirinya secara langsung di Amerika Serikat.

“Saya berterima kasih dan mendokan agar selalu mendapat perlindungan Allah,” ucapnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -