26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaHeadlineSelamat Hari Ayah untuk Para Ayah di Indonesia!

Selamat Hari Ayah untuk Para Ayah di Indonesia!

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Hari ini, Jumat (12/11/2021) semua Ayah yang ada di Indonesia tengah merayakan Hari Ayah Nasional. Namun untuk diketahui, Hari Ayah Nasional ini berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap 20 Juni, lho!

Selain Indonesia, beberapa negara juga memiliki peringatan Hari Ayah tersendiri dengan tanggal yang berbeda-beda. Seperti Amerika Serikat yang awalnya memperingati Hari Ayah setiap 5 Juli. Akan tetapi, pada 1966, Presiden AS Lyndon B Johnson mendeklarasikan hari Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah.

- Advertisement -

Sejumlah negara di Eropa memperingati Hari Ayah setiap tanggal 19 Maret. Swedia, Norwegia dan Finlandia memperingati Hari Ayah pada Minggu kedua bulan November. Adapun, Australia, Selandia Baru, Fiji, dan Papua Nugini merayakannya pada Minggu pertama bulan September.

Lalu bagaimana sejarah peringatan Hari Ayah di Indonesia yang diperingati setiap 12 November?

Mengutip Harian Kompas, gagasan Hari Ayah Nasional datang dari Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo. Saat itu, penyebutannya Hari Bapak Nasional. Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi memandang perlu adanya Hari Bapak atau Hari Ayah, mengikuti peringatan Hari Ibu dan Hari Anak yang telah lama ada. n.

Ketua Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi Solo, Gress Raja, kala itu, mengatakan, gagasan perlunya ada Hari Bapak, bukan karena ‘iri’ ada Hari Ibu tetapi tidak ada Hari Bapak. Hari Bapak dipandang perlu karena bapak merupakan bagian dari keluarga yang tidak boleh diremehkan perannya.

“Bapak dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kita butuh keduanya sebagai keseimbangan kesadaran kita sebagai anak,” kata Gress.

Pemilihan nama “Hari Bapak” dan bukan Hari Ayah, menurut Gress, karena kata “bapak” dinilai lebih bernuansa umum, sedangkan “ayah” lebih merujuk kepada laki-laki yang memiliki anak. Ia menceritakan, beberapa tahun sebelumnya, saat perayaan Hari Ibu, ada lomba menulis surat untuk ibu. Tiba-tiba, ada peserta yang menanyakan mengenai kapan ada lomba menulis surat untuk bapak.

“Setelah itu, kami jadi tertarik untuk berpikir lebih dalam, mengapa tidak dirayakan Hari Bapak,” ujar dia.

Deklarasi Hari Bapak dilakukan pada 12 November 2006 di Kota Solo. Acara deklarasi ini dihadiri pelajar, tokoh masyarakat, dan agama. Salah satu agendanya adalah pembacaaan Buku Kenangan buat Ayah yang berisi surat 100 anak Nusantara untuk ayah mereka.

Meskipun dideklarasikan pertama kali di Kota Solo, pada saat bersamaan, salah satu anggota juga menggelar acara yang sama di Maumere, Flores.

Selamat Hari Ayah untuk Para Ayah di Indonesia!

Latest news

Related news

- Advertisement -