32.5 C
Jakarta
Jumat, 19 April 2024
BerandaNewsNusantaraPulau Rinca di Taman Komodo Nasional Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Pulau Rinca di Taman Komodo Nasional Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

- Advertisement -

Kupang, IndoChannel.id – Pulau Rinca yang berada di Taman Nasional Komodo (TNK) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) terbakar pada Selasa (2/11/2021).

Kepala BPBD NTT, Ismail Surdi mengatakan saat ini api telah berhasil dipadamkan.

- Advertisement -

“Apinya sudah padam oleh tim bersama masyarakat setempat,” katanya, Rabu (3/11/2021).

Menurutnya, belum diketahui seberapa luas lahan yang terbakar di Pulau Rinca ini. Ia menyebut kalkulasi atas luas lahan yang terbakar masih perlu dilakukan.

Selain itu, lanjutnya, belum ada laporan yang masuk adanya Komodo yang terdampak peristiwa kebakaran ini.

“Itu belum bisa dipastikan soal luas lahan. Sampai sekarang ini juga belum ada informasi soal ada yang mati atau terluka,” paparnya.

Ismail juga menyebut penyebab kebakaran di Pulau Rinca juga masih belum diketahui. Pihak pengelola TNK telah menyampaikan bahwa penyebab kebakaran ini masih diselidiki.

Hanya, Ismail berharap ada peran serta masyarakat setempat untuk menjaga keamanan di Pulau Rinca dan TNK pada umumnya.

“Tentu kita harus melakukan mitigasi supaya kalau bisa harus tertib, jangan buat rokok atau api. Atau juga pengawasan dari masyarakat sendiri, walaupun itu sebenarnya berada di dalam pengawasan TNK, kita berharap TNK bisa patroli secara rutin,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Pulau Rinca sempat menjadi sorotan saat viral foto komodo yang seolah-olah sedang menghadang truk proyek. Pulau Rinca merupakan salah satu dari tiga pulau yang masuk Taman Nasional Komodo, dua lainnya Pulau Padar dan Pulau Komodo.

Latest news

Related news

- Advertisement -