26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaNewsNusantaraCatat! Ini 8 Rute Bus Kota Damri Bandung yang Dihentikan Sementara

Catat! Ini 8 Rute Bus Kota Damri Bandung yang Dihentikan Sementara

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Penghentian operasi sementara dilakukan terhadap bus kota Damri Bandung mulai Kamis, (28/10/2021).

Hal itu berdasarkan pengumuman manajemen nomor 968/UM.001/10/GM/X-2021 yang beredar di media sosial. Pengumuman itu diteken oleh manajemen pada Rabu (27/10) kemarin. Penghentian layanan sementara ini dilakukan sebab kinerja keuangan perusahaan merugi dan kesulitan biaya operasional.

- Advertisement -

“Berhubungan kinerja keuangan bus kota Damri Bandung mengalami kerugian dan kesulitan biaya operasional maka terhitung mulai tanggal 28 Oktober 2021 seluruh pelayanan bus kota Damri Bandung untuk sementara berhenti operasional,” tulis pengumuman itu.

Menurut pengakuan salah satu pelaksana, driver bus Damri di Kota Bandung, memang ada arahan dari direksi perusahaan untuk menutup sementara operasi di Kota Kembang.

Ia menuturkan khusus hari ini bus hanya berangkat untuk 3 rute yaitu, seperti Kebon Kelapa-Cibiru, Alun-alun-Kota Baru Parahiyangan, dan Elang-Jatinangor. Sedangkan untuk selanjutnya atau di akhir pekan, ia mengaku masih menunggu keputusan dari direksi.

“Mudah-mudahan ada keputusan hari ini, ini kan keputusannya mendadak dari direksi langsung jadi kami hanya pelaksana di Bandung hanya menunggu arahan seperti apa,” katanya.

“(Arahan setop sementara) memang betul karena intinya merugi lah,” sambungnya lagi.

Sementara itu, Direktur Utama Damri Setia N Milatia Moemin mengungkapkan pelayanan bus kota di Bandung merupakan segmen komersial dan nonsubsidi sehingga perusahaan harus memperhitungkan keekonomian dalam menjalankan setiap kegiatan operasionalnya.

Kebijakan penutupan operasional diambil dengan mempertimbangkan load factor yang kecil dan preferensi sebagian besar pelaku perjalanan di Bandung dalam bermobilitas yang tidak menggunakan bus kota.

“Langkah tersebut (penghentian operasional sementara), dengan berat hati, harus diambil oleh Damri untuk menekan kerugian dan menjaga keberlangsungan usaha perusahaan,” ujar Setia.

Lebih lanjut Ia menjelaskan jika perusahaan akan terus mengevaluasi segmen-segmen usaha yang dijalankan. Apabila tingkat keekonomiannya terpenuhi, kegiatan operasional pada rute-rute yang untuk sementara diberhentikan bisa dijalankan kembali.

Perusahaan juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu, khususnya pada rute-rute yang dihentikan sementara operasionalnya. Dalam hal ini, rute-rute tersebut memiliki pilihan moda transportasi lain.

“Di luar segmen bus kota pada sejumlah rute yang diberhentikan sementara tersebut, Damri Bandung tetap mengoperasikan secara normal segmen-segmen AKDP, AKAP, penugasan Angkutan Perintis, rute BRT Majalaya, dan disabilitas,” terangnya.

Berikut 8 rute bus kota Damri yang ditutup sementara:

– Cicaheum – Cibeureum

– Ledeng – Leuwipanjang

– Dipatiukur – Leuwipanjang

– Elang – Jatinangor via Cibiru

– Dipatiukur – Jatinangor

– Kebon Kalapa- TJ Sari

– Cicaheum – Leuwipanjang

– Alun- Alun Bandung – Ciburuy

Latest news

Related news

- Advertisement -