26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaHeadlineBandung Alami Hari Tanpa Bayangan, Fenomena Apa itu?

Bandung Alami Hari Tanpa Bayangan, Fenomena Apa itu?

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Fenomena alam tanpa bayangan akan dialami kota Bandung siang ini yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.26.19 WIB dengan durasi 3 menit, Senin (11/10/2021).

Fenomena ini terjadi pada saat matahari tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit, yang mengakibatkan bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

- Advertisement -

“Untuk di wilayah Bandung, akan terjadi kulminasi pada tanggal 11 Oktober 2021 pukul 11:36:19 WIB. Fenomena ini akan terjadi antara dua hingga tiga menit,” kata Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu.

Teguh mengungkapkan bahwa fenomena hari tanpa bayangan ini disebabkan karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berhimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi. Sehingga, posisi matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun, antara 23,4 derajat LU sampai dengan 23,4 derajat LS.

Fenomena hari tanpa bayangan terjadi dua kali setahun. Untuk wilayah Bandung terjadi setelah Ekuinoks September dan sebelum ekuinoks Maret. Ekuinoks adalah kondisi ketika posisi matahari tepat berada di atas ekuator.

“Fenomena ini tidak berdampak apapun terhadap cuaca maupun iklim, namun merupakan fenomena terkait optik antara cahaya matahari dan benda di permukaan bumi,” ungkapnya.

Namun, fenomena ini tidak akan bisa dilihat apabila cuaca mendung atau hujan. Tetapi bagi warga Bandung tak perlu khawatir. Karena prakiraan cuaca Bandung pada pagi hingga siang cerah berawan. Sementara siang hingga sore berawan hingga hujan ringan.

Latest news

Related news

- Advertisement -