26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaNewsDiguyur Hujan, Pohon Tumbang, Hujan Es Hingga Angin Puting Beliung Melanda Depok

Diguyur Hujan, Pohon Tumbang, Hujan Es Hingga Angin Puting Beliung Melanda Depok

- Advertisement -

Depok, IndoChannel.id – Beberapa hari terakhir ini hujan mengguyur Depok, Jawa Barat. Bahkan, Selasa (21/9/2021) sore kemarin beberapa pohon tumbang di Depok hingga perjalanan KRL terganggu.

Berdasarkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), setidaknya ada enam lokasi pohon tumbang di Depok, yaitu :

  1. Halte Pemuda
  2. Studio Alam
  3. Jalan Rapika, Pancoran Mas
  4. Jalan Dahlia RW 10
  5. Sepanjang Jalan Siliwangi, kondisi macet total
  6. Jalan Merdeka 01, depan Kantor Kecamatan Sukmajaya
- Advertisement -

“Sepanjang Jalan Siliwangi pohon pada tumbang, macet total,” tutur Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo.

Selain itu, Kota Depok juga dilanda Hujan es dan angin puting beliung, kemarin. Akibatnya, 196 keluarga di enam kecamatan terdampak.

“Ini sementara ya, yang data yang sudah sampai ke saya untuk masalah data sementara yang masuk untuk 6 kecamatan-12 kelurahan sampai kemarin malam ya. Pagi ini saya belum dapat nih. Ada 196 keluarga dan 613 jiwa dari 4 kecamatan dan 6 kelurahan,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di kantor DPRD Depok, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021).

Namun, menurut Imam, pihaknya belum menerima laporan adanya korban akibat kejadian itu. Terkait beberapa infrastruktur yang rusak, Pemkot Depok tengah menyiapkan anggaran untuk perbaikan.

“Sampai saat ini belum ada (korban jiwa). Mudah-mudahan tidak ada ya, sampai saat ini belum ada. Penanganannya kita pertama adalah pendataan, kedua adalah bagaimana kita menyiapkan anggaran untuk perbaikan dari infrastruktur yang mungkin rusak akibat bencana kemarin sore,” paparnya.

Pemkot Depok juga menjamin biaya warga jika mengalami luka-luka dalam peristiwa ini. Pemkot akan mengganti biaya kerusakan rumah warga yang terdampak.

“Oh iya pasti ya, dengan membebaskan dan juga sekarang dari sistem kesehatan nasional ya BPJS pasti gratislah semua warga yang sudah punya BPJS pasti gratis. Kalaupun nggak ter-cover oleh BPJS, kita punya bansos. Yang kedua adalah kita akan berikan bantuan pangan karena di dinas sosial itu punya bantuan pangan. Nanti di Dinas Pemukiman kita punya bantuan-bantuan buat kerusakan fisik yang ada di masyarakat, seperti apa genting rusak dan sebagainya,” jelasnya lagi.

Terkait pohon yang tumbang, Imam telah menginstruksikan kepada jajaran untuk memotong pohon yang sudah tinggi. Hal itu dilakukan agar kejadian pohon tumbang tak terulang.

“Pohon, kami sudah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk memotong pohon-pohon yang sudah tinggi, ya agar tidak terjadi roboh. Kan kemarin ada beberapa yang memang pemotongan secara bertahap ya. Mungkin kemarin yang roboh adalah yang belum terpotong,” ungkapnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut hujan angin dan hujan es merupakan fenomena menjelang musim hujan. Menurut BMKG, fenomena itu terjadi pada waktu-waktu tertentu. Khususnya pada siang atau sore.

“Hujan es dan puting beliung lebih sering terjadi menjelang dan awal musim hujan. Saat radiasi matahari kuat sampai permukaan bumi dan uap air di atmosfer juga sudah mulai tinggi,” kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Bogor Indra Gustari, Rabu (22/9/2021).

“Kedua fenomena tersebut umumnya terjadi pada siang atau sore hari yang diawali dengan berkembangnya awan konvektif yang kuat,” tukasnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -