26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaNewsPuskesmas Dibakar KKB, Nakes Dilecehkan dan Ditendang Hingga Tewas

Puskesmas Dibakar KKB, Nakes Dilecehkan dan Ditendang Hingga Tewas

- Advertisement -

Papua, IndoChannel.id – Puskesmas Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua dibakar oleh teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kebakaran itu membuat para nakes wanita berlarian, namun, saat berusaha melarikan diri, mereka ditendang ke jurang lalu dilecehkan hingga akhirnya mengakibatkan salah seorang nakes tewas.

- Advertisement -

Ketua Umum Persatuan Perawatan Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhillah menanggapi kejadian itu dan Ia mengutuk keras aksi yang telah dilakukan KKB.

Harif ingin pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat menjamin keselamatan bagi para tenaga kesehatan, khususnya mereka yang bertugas di kawasan konflik.

“Menjamin keselamatan tenaga kesehatan baik secara fisik, maupun non fisik tidak terbatas melakukan pengkawalan di fasyankes,” dalam keterangan tertulis PPNI, Jumat (17/9/2021).

PPNI juga meminta para pelaku untuk segera ditindak tegas atas perlakuan kekerasan kepada para nakes, sekaligus memastikan kejadian seperti itu tak kembali terjadi.

PPNI turut mengucapakn berduka cita yang mendalam atas meninggalnya seorang nakes Gabriela Meilan di Distrik Kiwirok.

“Kepada KKB untuk menghentikan segala bentuk penyerangan dan kekerasan kepada tenaga kesehatan yang bertugas melayani kemanusiaan dimanapun tempat mereka ditugaskan termasuk daerah yang berada pada daera konflik sosial,” lanjut PPNI.

Latest news

Related news

- Advertisement -