32.1 C
Jakarta
Sabtu, 23 Oktober 2021
BerandaNewsKerjasama Indonesia-Australia Hadapi Pandemi Virus Covid-19

Kerjasama Indonesia-Australia Hadapi Pandemi Virus Covid-19

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Beberapa negara di dunia sedang berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Begitupun dengan Indonesia dan Australia. Kedua negara ini bekerja sama untuk memperkuat tanggap Covid-19.

Hal ini dikemukakan saat Pertemuan 2+2 ke-7 antara Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne bersama Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto serta dan Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton pada Kamis (9/9/2021) di Jakarta.

- Advertisement -

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak kembali bertemu guna membahas kelanjutan hubungan antar kedua negara.

Pertemuan dibuka dengan pembahasan mengenai kerja sama yang sudah terjalin erat di antara Indonesia dan Australia.

Belum lama ini, Retno mengungkapkan jika Indonesia baru saja menerima bantuan kesehatan dari Australia dalam upaya penanganan kasus Covid-19 di Indonesia.

Bantuan tersebut berupa 1 juta dosis Vaksin Astrazeneca, 1000 tabung oksigen, serta pengiriman rapid test kit. Ini merupakan bukti komitmen yang berusaha dijaga Australia bersama Indonesia.

“Diskusi terkait Covid-19 di dua tahun yang lalu, perlu diperkuat dengan kerja sama yang komprehensif,” terang Marise, Menteri Luar Negeri Australia.

Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton, menyampaikan harapannya untuk hubungan kedua Negara.

“Indonesia dan Australia diharapkan bisa bekerjasama di masa depan, dalam penanganan Covid-19 maupun dalam segi pendidikan jangka panjang,” ungkapnya.

Pernyataan Dutton disambut baik oleh Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto.

“Semoga Indonesia dan Australia bisa berhubungan semakin erat,” ujarnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -