34 C
Jakarta
Selasa, 16 April 2024
BerandaNewsMantan Anggota BEM di Jabodetabek Deklarasikan Pandawa Nusantara

Mantan Anggota BEM di Jabodetabek Deklarasikan Pandawa Nusantara

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Eksponen Presiden Mahasiswa (Presma) dan Aktivis Intra Kampus yang pernah membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) SI dan BEM Nusantara di tahun 2000an mendeklarasikan organisasi bernama Persaudaraan Aktivis dan Warga Nusantara (Pandawa Nusantara). Adapun pembentukan organisasi tersebut sekaligus penunjukan aklamasi Maman Abdurrahman sebagai Ketua Umum Pandawa Nusantara.

Acara deklarasi tersebut diawali dengan silaturahmi seluruh anggota Pandawa Nusantara di Aula Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Kemudian Sekjen Pandawa Nusantara Faisal Anwar memaparkan secara singkat mengenai visi misi dan latar belakang serta konsentrasi demokrasi dan ekonomi yang dianut oleh organisasi Pandawa Nusantara.

- Advertisement -

Ketua Umum Pandawa Nusantara, Maman Abdurrahman dalam sambutannya mengatakan bahwa pembentukan organisasi tersebut dibentuk oleh sekitar 100 mantan anggota BEM di Jabodetabek. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI tersebut menekankan bahwa pembentukan organisasi tersebut haruslah mampu memberikan kemanfaatan pada Bangsa Indonesia.

“Kehadiran Pandawa Nusantara ini dalam konteks kepentingan kelompok maupun pribadi harus mampu memberikan kemanfaatan buat kita semua,” kata Ketua Umum Pandawa Nusantara, Maman Abdurrahman di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan Sabtu (28/8/2021).

Sementara itu, Sekjen Pandawa Nusantara, Faisal Anwar mengatakan Implementasi dari visi, misi dan gagasan harus ditransformasikan dalam penguatan peran pemuda.

“Khususnya aktivis dan mantan aktivis kampus serta warga masyarakat dalam membangun ekosistem demokrasi sebagai pandangan dan tatanan kehidupan bersama dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.” kata Faisal.

Setelah sambutan acara, Sekjen Pandawa Nusantara, Faisal Anwar  membacakan deklarasi pembentukan Pandawa Nusantara secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Bendera Pataka Pandawa Nusantara oleh Ketua Umum Pandawa Nusantara diikuti dengan perwakilan para anggotanya.

Untuk diketahui, Deklarasi tersebut diikuti oleh mantan Alumni Aktivis Intra Kampus yang terdiri dari sebanyak 22 kampus, yakni:

1 UNIV. TRISAKTI

2 UNIV TARUMA NEGARA

3 UIN SYARIF HIDAYATULLAH

4 INSTITUT PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QURAN (PTIQ)

5 UNIV JAYABAYA

6 UNIV. MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA (UHAMKA)

7 UNIV. AL-AZHAR

8 PERBANAS INSTITUT

9 UNIV. MERCUBUANA

10 UNIV. BHAYANGKARA

11 UNIV. IBNU CHOLDUN

12 UMJ

13 STIE AHMAD DAHLAN

14 STIE TRISAKTI

15 BUDI LUHUR

16 UKRIDA

17 IISIP JAKARTA

18 UNIV NEGERI JAKARTA (UNJ)

19 UNIV. MOESTOPO BERAGAMA

20 INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB)

21 SEKOLAH TINGGI TEKNIJK (STT PLN)

22 UPI BANDUNG

Latest news

Related news

- Advertisement -