32.8 C
Jakarta
Jumat, 26 Juli 2024
BerandaKesehatanIngin Anak Tumbuh Tinggi? Yuk, Simak Makanan Apa Saja yang Dapat Mempengaruhinya

Ingin Anak Tumbuh Tinggi? Yuk, Simak Makanan Apa Saja yang Dapat Mempengaruhinya

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Memiliki buah hati yang sehat dengan perkembangan yang baik tentu menjadi hal yang sangat diimpikan ya, bun.

Salah satu faktor yang mendukung untuk pertumbuhan anak adalah menjaga nutrisi untuk tubuhnya. Nutrisi juga sangat penting untuk membuat anak tumbuh tinggi. Maka dari itu, kita perlu memberikan makanan yang bergizi dengan porsi yang tepat.

- Advertisement -

Lalu apa saja makanan yang dapat membantu dalam pertumbuhan tinggi anak?

Kita simak yuk, bun.

Berikut beberapa daftar makanan yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi anak, dikutip dari laman Sneakz:

  1. Protein nabati
protein nabati
protein nabati

Protein adalah kunci untuk asupan bergizi bagi anak. Protein juga memiliki dampak besar pada tinggi badan anak. Kacang-kacangan, selai kacang, dan lentil merupakan sumber protein yang sangat baik.

Batang seledri yang diisi selai kacang atau mentega almond dapat mendukung penambahan tinggi badan. Quinoa juga protein nabati lengkap yang rasanya enak dan dapat ditambahkan ke banyak hidangan.

Biji rami dan buncis bisa ditambahkan ke hidangan untuk meningkatkan protein serta variasi dalam menu makanan anak Anda. Masukkan beberapa kenari atau almond ke dalam yoghurt. Sangat mudah menambahkan protein jika Anda menjadikannya prioritas.

  1. Telur
Telur
Telur

Telur adalah makanan utuh yang bergizi dan kaya protein. Putih telur adalah albumin dan 100 persen protein. Namun, disarankan menggunakan telur utuh. Telur utuh menambahkan lemak sehat, vitamin B12, dan kalsium.

Telur juga merupakan makanan yang mudah diolah. Bisa disajikan orak-arik, digoreng, dipanggang, atau direbus. Telur bisa dimasak dengan berbagai cara. Maka itu, anak tidak akan mudah bosan mengonsumsi telur karena praktis dan serbaguna.

  1. Sayuran
sayuran hijau
sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dapat mendukung pertumbuhan tinggi anak. Sayangnya, kebanyakan anak tidak menyukai sayuran. Karena itu, ayah dan bunda bisa lebih kreatif dalam mengolah sayuran supaya menjadi hidangan yang menarik.

  1. Pisang
pisang
pisang

Berbeda dengan sayuran, pisang lebih mudah diberikan ke anak karena mereka menyukainya. Pisang kaya mangan, potasium, dan kalsium yang dapat membuat anak tumbuh tinggi.

  1. Buah tinggi vitamin C
Buah mengandung tinggi vitamin C
Buah mengandung tinggi vitamin C

Jeruk, apel, hingga mangga adalah buah-buahan tinggi vitamin C yang membantu tubuh menyerap dan memanfaatkan kalsium. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan.

Selain ada makanan yang disarankan untuk dikonsumsi, ada juga makanan yang harus dihindari seperti soda. Minuman bersoda tidak hanya penuh dengan gula, tetapi juga merupakan penghambat kalsium.

Soda sebenarnya sering menghalangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium secara efisien. Seperti diketahui, kalsium sangat penting untuk tumbuh lebih tinggi.

Makanan kaya karbohidrat, terutama yang diproses seperti sereal, nasi, roti, dan pasta dapat berdampak negatif pada hormon pertumbuhan tubuh manusia.

Jika akan memberikan makanan sarat karbohidrat ini kepada anak, cobalah dan tetap berpegang pada biji-bijian dan makanan alami, bukan versi instan atau olahan. Secara umum, jauhi makanan olahan.

Latest news

Related news

- Advertisement -