32.1 C
Jakarta
Sabtu, 23 Oktober 2021
BerandaPendidikan dan BudayaKeistimewaan Domba Garut, Sandiaga Uno : Memiliki Kecantikan dan Ketangkasan yang Menarik...

Keistimewaan Domba Garut, Sandiaga Uno : Memiliki Kecantikan dan Ketangkasan yang Menarik Wisatawan

- Advertisement -

Garut, IndoChannel.id – Garut dikenal dengan makanan khasnya yaitu dodol. Selain itu, Garut juga terkenal di bidang fashion berbahan dasar kulit sapi ataupun domba yang akan dijadikan jaket, dompet, dan tas.

Tak hanya itu, Garut memiliki domba yang telah dikenal di berbagai penjuru Indonesia. Hewan ini merupakan sumber genetik ternak asli Indonesia ini memiliki bentuk yang khas.

- Advertisement -

Domba garut memiliki beragam keunggulan dibanding spesies domba lain di Indonesia, bahkan dunia. Tidak heran jika domba Garut dikategorikan sebagai sumber genetik ternak terbaik.

“Salah satu ciri khas domba garut terdapat genetik link pada kuping dan ekor,” ujar dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Unpad) yang juga peneliti domba garut, Denie Heriyadi

Denie mengatakan, bentuk kuping dan ekor domba garut memiliki kombinasi, yaitu kombinasi kuping rumpung atau ngadaun hiris dengan ekor ngabuntut beurit atau ngabuntut bagong.

“Kebaruan ini digali dari khazanah yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Domba Garut mempunyai beragam istilah dalam bahasa Sunda telah menjadi pengaya bagi khazanah kosakata baru bahasa Indonesia maupun sudah digunakan menjadi istilah internasional.

“Beberapa istilah seperti rumpung, ngadaun hiris, ngabuntut bagong, dan ngabuntut beurit itu sudah menjadi bahasa Indonesia dan sudah jadi bahasa internasional,” kata Denie.

Keistimewaan domba Garut pun telah menghipnotis Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. Baru-baru ini, Sandi melakukan kunjungan kerja ke Garut, Jawa Barat seperti yang terlihat di akun instagram pribadinya.

Papa Online ini mengunggah potret dirinya bersama domba Garut yang tengah mengikuti kontes kecantikan dan ketangkasan.

Tak lupa ia memaparkan keistimewaan domba Garut.

“Garut, selain dikenal dengan daerah penghasil dodol, juga identik dengan domba-nya. Melalui event kontes kecantikan dan ketangkasan domba, Garut mampu menarik banyak wisatawan, menggerakan ekonomi masyarakat desa, MEMBUKA LAPANGAN KERJA,” tulis Sandi, Senin, (23/8/2021).

Mantan wakil Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan domba Garut merupakan produk peternakan yang kini sering diekspor ke mancanegara.

“Sudah sejak lama menjadi produk peternakan unggulan, bahkan belakangan masuk ke dalam produk yang di ekspor ke berbagai negara,” paparnya.

Sandi berharap, peternakan dan pertanian terus menjadi keunggulan Indonesia.

“Semoga semakin banyak produk peternakan dan pertanian kita yang bisa Go-Internasional, menjadi kebanggaan dan membantu pemulihan ekonomi nasional,” tulisnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -