25.1 C
Jakarta
Senin, 20 September 2021
BerandaHeadlineMengenal Sejarah Singkat Hari Pramuka di Indonesia

Mengenal Sejarah Singkat Hari Pramuka di Indonesia

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Indonesia tengah memperingati Hari Pramuka yang ke 60. Hari Pramuka diperingati setiap tahunnya di tanggal 14 Agustus.

Pramuka berasal dari istilah ‘poromuko’ yang berarti pasukan yang berdiri paling depan dalam peperangan. Tokoh yang terkenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dia menjabat sebagai ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) pertama sejak Pramuka resmi dibentuk.

- Advertisement -

Adapun Sejarah singkat Pramuka yakni, Pada 9 Maret 1961, para pemimpin organisasi kepanduan di Indonesia dikumpulkan di Istana Merdeka untuk mendengarkan amanat presiden terkait ketetapan MPRS.

Dalam pidatonya, Presiden Soekarno meleburkan semua kepanduan Indonesia ke dalam satu organisasi baru yang diberi nama Gerakan Pramuka. Tanggal 9 Maret selanjutnya dikenal sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Pada 20 Mei 1961, Keputusan Presiden RI No 238 Tahun 1961 terbit dan ditandatangani oleh Ir Juanda selaku Perdana Menteri Indonesia. Melalui keputusan tersebut, Gerakan Pramuka ditetapkan sebagai satu-satunya organisasi yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Keppres tersebut juga memuat konsep Anggaran Dasar.

Tanggal 20 Mei kemudian disebut sebagai Hari Permulaan Tahun Kerja. Pada 30 Juli 1961 organisasi kepanduan berkumpul di Gelora Senayan dan berikrar untuk meleburkan diri ke dalam satu organisasi kepanduan yang bernama Gerakan Pramuka. Tanggal 30 Juli kemudian dikenal sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka.

Pada 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka resmi diperkenalkan kepada rakyat Indonesia. Pada hari itu, Presiden Soekarno melantik Majelis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwartir Nasional (Kwarnas, dan Kwartir Nasional Harian (Kwarnari). Kemudian selanjutnya, tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai Hari Pramuka.

Dikutip dari laman resmi Pramuka, untuk lambang resmi Pramuka yakni tunas kelapa muda dipilih pada 20 Mei 1961. Lambang ini dipilih karena memiliki arti kiasan bahwa tunas penerus bangsa yang kuat dan ulet serta memilik cita-cita yang tinggi.

Latest news

Related news

- Advertisement -