27.8 C
Jakarta
Selasa, 21 September 2021
BerandaNewsKemenkes Himbau Masyarakat Harus Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Kemenkes Himbau Masyarakat Harus Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pemberian Vaksin Covid-19 masih terus dilakukan oleh pemerintah. Setelah vaksin dosis pertama, pemerintah juga menghimbau agar masyarakat tetap melakukan vaksin dosis yang kedua.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan masyarakat yang terlambat tetap harus mendapatkan suntikan kedua saat sudah memungkinkan.

- Advertisement -

“Tidak apa-apa, masih optimal sampai 28 hari,” ujar Dokter Siti.

Kementerian Kesehatan menyarankan agar tetap mendapatkan dosis kedua vaksin walau misalnya dosis pertama vaksin Sinovac sudah tiga bulan yang lalu.

Jadwal pemberian dosis kedua akan diberikan saat vaksin tersedia dan ini bergantung pada suplai vaksin dari produsen. Pelaksanannya pun bertahap dan diatur pemerintah daerah setempat.

Terkait antibodi yang didapatkan, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) menyatakan, penelitian tentang perpanjangan interval vaksinasi tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan pada titer antibodi akhir orang yang divaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, bila dosis kedua diberikan tertunda lebih dari 4 minggu, maka harus vaksin diberikan secepatnya bila sudah memungkinkan.

Anda pun tak perlu mengulang dosis pertama bila mendapatkan dosis kedua kurang dari 2 pekan setelah dosis pertama.

Uji coba fase 3 besar di Brazil menunjukkan, dua dosis vaksin Sinovac yang diberikan dengan selang waktu 14 hari, memiliki kemanjuran 51 persen terhadap infeksi SARS-CoV-2 yang bergejala, 100 persen terhadap Covid-19 yang parah dan 100 persen terhadap rawat inap mulai 14 hari setelah menerima dosis kedua.

Latest news

Related news

- Advertisement -