25.1 C
Jakarta
Senin, 20 September 2021
BerandaNewsPeringati HUT Ke-58, Wanita Angkatan Udara Selenggarakan Sarasehan

Peringati HUT Ke-58, Wanita Angkatan Udara Selenggarakan Sarasehan

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Dalam rangka memperingati HUT ke-58, Wanita TNI Angkatan Udara (Wara) mengadakan Sarasehan dengan tema “Wanita Hebat, Wanita Inspiratif” yang dilaksanakan secara virtual dari  Gedung I.G. Dewanto, Denma Mabesau, Cilangkap, Selasa (3/8/2021).

Sarasehan yang dilaksanakan satu hari ini, menghadirkan 2 narasumber,  Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, S.I.P.,LL.M dan Psikiater TNI AU, Letkol Kes dr Tara Aseana, Sp.Kj (K). Sementara moderator yang memandu sarehan adalah seorang presenter  TV nasional ternama,  Chacha Annisa.

- Advertisement -

Sarasehan diawali dengan sambutan  Asisten Personel Kasau (Aspers Kasau),  Marsekal Muda TNI Elianto Susetio,S.I.P., M.Si. Dalam sambutannya, Aspers Kasau menyampaikan, saat ini peran wanita semakin diperlukan dalam pembangunan bangsa dan hampir disetiap bidang kehidupan wanita sudah menunjukkan eksistensinya.

Pada usianya yang ke-58 tahun, lanjut Aspers Kasau, Wara sudah cukup matang menjadi lebih profesional dalam setiap pelaksanaan tugas dan mampu menempatkan jati dirinya sebagi prajurit TNI Angkatan Udara. Sedangkan secara sosial, Wara telah berkontribusi dan melaksanakan berbagai kegiatan yang begitu bermanfaat, baik bagi wanita itu sendiri, maupun masyarakat pada umumnya.

Kepada seluruh peserta sarasehan, Aspers Kasau berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga materi yang disampaikan narasumber dapat dipahami.

Sementara Menlu RI, Retno LP Marsudi, S.I.P.,LL. M selaku narasumber utama mengatakan, Kontribusi positif perempuan Indonesia bukan terjadi baru-baru ini saja, melainkan sudah ada sejak masa perjuangan kemerdekaan.  Kepada seluruh peserta, Menlu berharap agar saling memberdayakan dan selalu bekerjasama.

“Perempuan harus saling memberdayakan, saling memberikan dukungan dan inspirasi serta tidak ragu berbagi pengalaman dan melatih perempuan lainnya,” ujar Menlu RI.

Disampaikannya, perempuan harus  mampu membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, agar tetap bisa melaksanakan tanggung jawab yang diberikan.

Menurutnya, perempuan perlu memiliki ambisi-ambisi yang diselaraskan dengan lingkungan, khususnya keluarga.
“Itu adalah kunci penting ketika kita menjalankan profesi apapun,  karena tanpa dukungan mereka kita tidak akan sampai pada posisi saat ini,” ujarnya.

Pada bagian akhir penjelasannya, Menlu RI mengutip pesan Raden Ajeng Kartini  “perempuan hebat pasti bertindak dengan tepat, dan perempuan hebat pasti selalu punya tempat.”

Adapun narasumber kedua, Letkol Kes dr. Tara Aseana, Sp.Kj (K) membahas tema tentang Main Power.  Pada paparannya, dr Tara menyampaikan, Wanita bisa berfikir rasional dengan mengelola kognitif, yaitu dengan mengidentifikasi fikiran yang salah atau irasional dan menggantinya dengan yang rasional.

Berfikir rasional, jelas dr Tara,  tidak sama dengan berfikir positif. Menurutnya, dengan mengelola dan mengolah fikiran, kita bisa menjadi perempuan hebat.

“It is not important to Hold all the good cards in life, but it is important how well you play with the cards wich you hold,” ujarnya.

Sarasehan yang diikuti 0leh Wara se-Indonesia ini, turut diisi dengan dialog dan tanya jawab yang dipandu oleh Chacha Annisa.

Latest news

Related news

- Advertisement -