34.8 C
Jakarta
Sabtu, 18 Mei 2024
BerandaNewsSuara Gemuruh di Bandung, BMKG : Tidak Terdeteksi Aktivitas Petir

Suara Gemuruh di Bandung, BMKG : Tidak Terdeteksi Aktivitas Petir

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Kota Bandung dihebohkan oleh suara gemuruh, Senin (26/7). Kejadian ini berada di kawasan Cibogo, Sarijadi sekitar pukul 23.00 WIB.

Informasi tentang suara gemuruh itu viral di media sosial. Unggahan yang dibagikan akun Instagram @infobandungkota berdurasi 20 detik.

- Advertisement -

Beberapa warga turut berkomentar soal video suara gemuruh tersebut. Bahkan ada yang mengalami pernah mendengar beberapa kali.

“Akhir2 ini sering terdengar suara gt, dan durasi nya cukup lama. Duka atuh suara naon eta (tidak tahu suara apa itu),” tulis pemilik akun @an********

Namun, tak sedikit juga netizen yang menyebut suara tersebut merupakan suara pesawat di Lanud Husein Sastranegara. Sebab, kawasan Cibogo sendiri tak jauh dari Lanud Husein Sastranegara.

“Pesawat dari Husein soalnya saya juga denger dari rumah saya wkwkw,” tulis akun @trul*****.

Badan Meteorolgi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memaparkan analisisnya terkait suara gemuruh tersebut.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pertama bahwa sekitar pukul 23.13 WIB tak ada aktivitas gempa bumi di Kota Bandung berdasarkan rekaman seismograf. Kedua, pihaknya pun tak melacak adanya suara petir pada waktu tersebut.

“Berdasarkan monitoring Lightning Detector sekitar pukul 23.13 WIB tersebut tidak terdeteksi aktivitas petir,” ucap Teguh, Selasa (27/7/2021).

Menurut Rahayu, dari data kemagnetan di wilayah Sarijadi dan sekitarnya pukul 23.13 WIB sampai pagi tadi tidak ada gangguan yang signifikan. Selain itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BPBD Jabar, tak ada masyarakat yang terdampak dari adanya suara gemuruh tersebut.

“Maka dari itu, belum dapat dipastikan asal muasal suara gemuruh tersebut,” kata Teguh.

Latest news

Related news

- Advertisement -