34.8 C
Jakarta
Sabtu, 18 Mei 2024
BerandaNewsSertifikat Vaksin, Begini Cara Cek dan Downloadnya

Sertifikat Vaksin, Begini Cara Cek dan Downloadnya

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Pemberian vaksin dengan target sejuta sehari masih gencar dilakukan. Target ini akan naik sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa target vaksin akan bertambah menjadi 2 juta sehari sampai 5 juta sehari.

Masyarakat yang telah melakukan vaksin dosis pertama maupun kedua akan mendapatkan sertifikat. Nantinya, sertifikat vaksin ini akan menjadi salah satu persyaratan jika akan melakukan perjalanan.

- Advertisement -

Sertifikat vaksin bisa didapatkan melalui Peduli Lindungi.

Masyarakat dapat mengunjungi laman Pedulilindungi.id atau aplikasi yang sudah bisa didownload melalui PlayStore atau App Store.

Bagi yang mau mengecek sertifikat vaksin, berikut caranya melalui Pedulilindungi.id:

• Buka laman Pedulilindungi.id, nanti akan muncul menu Login/Register di bagian atas.

• Jika belum terdaftar silahkan membuat akun dan bagi yang sudah masukkan akun dan pilih menu Login Sekarang.

• Masukkan nomor ponsel yang terdaftar dan tekan Login Sekarang. Setelahnya akan masuk ke akun Peduli Lindungi.

• Lanjutkan dengan menekan nama akun. Terdapat menu Akun Anda, Kotak asuk dan Sertifikat Untuk mengecek pilih Sertifikat Vaksin.

• Sertifikat vaksin akan tersedia sesuai dengan jumlah suntikan yang diterima. Jika baru satu kali maka akan muncul Sertifikat Vaksin Pertama dan penerima dua kali suntikan menerima dua sertifikat.

• Jika ingin mendownloadnya, klik Sertifikat lalu tekan Unduh Sertifikat. Nantinya Sertifikat akan terunduh di perangkat masing-masing.

Masyarakat juga bisa mengecek Sertifikat melalui aplikasi, namun terlebih dulu pastikan sudah mendownload Peduli Lindungi dalam ponsel. Berikut cara untuk mengeceknya:

• Masuk ke aplikasi lalu pilih Login apabila sudah punya akun. Jika belum memiliki akun klik tombol Register.

• Aplikasi akan meminta pengguna memasukkan informasi yakni Nama Lengkap, NIK dan Nomor Ponsel. Setelah itu kode One Time Password atau OTP akan masuk ke SMS nomor ponsel yang terdaftar.

• Setelah itu, klik Paspor Digital. Pilih Nama untuk mengecek Sertifikat Vaksin, ketersediaan vaksin sama seperti jumlah suntikan yang sudah diterima.

• Apabila ingin mendownloadnya, klik Unduh lalu sertifikat akan terdownlad dalam ponsel. Jika sudah selesai, maka bisa langsung keluar atau Logout dari aplikasi.

Latest news

Related news

- Advertisement -