27.8 C
Jakarta
Rabu, 22 September 2021
BerandaShowbizBerbagai Faktor yang Mempengaruhi Hormon Oksitosin Ibu Menyusui

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Hormon Oksitosin Ibu Menyusui

- Advertisement -

Bandung, indochannel.id – Hormon oksitoksin adalah salah satu hormon yang berperan penting bagi ibu menyusui. Menyusui bukan hanya sebatas ibu meng-ASIhi bayinya, namun menyusui juga merupakan moment yang dapat mengikat emosi serta curahan kasih sayang antara ibu dan buah hatinya.

Hormon yang memicu rasa bahagia ini memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya. Yang terpenting adalah kondisi psikologis ibu, ibu harus memiliki perasaan tenang, nyaman dan bahagia.

- Advertisement -

Ketika bayi menyusu pada payudara ibunya, rangsangan tersebut menyebabkan pelepasan oksitosin, yang selanjutnya memerintahkan tubuh untuk memeras ASI untuk diminum bayi.

Dikutip dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada kondisi yang bisa meningkatkan dan mengurangi hormon tersebut, berikut uraiannya:

Kondisi yang dianggap dapat mempengaruhi (meningkatkan) produksi hormon oksitosin:

1. Saat Bunda mencurahkan kasih sayang terhadap bayinya

2. Saat Bunda mendengar celotehan atau tangisan bayi

3. Dukungan ayah dalam pengasuhan bayi, seperti menggendong bayi ke ibu saat akan disusui atau disendawakan, mengganti popok dan memandikan bayi, bermain, mendendangkan bayi, dan membantu pekerjaan rumah tangga

4. Saat Bunda memijat bayi, ada perasaan bahagia ditambah bayi menjadi lebih ceria sehingga perlekatan bekerja dengan baik

Kondisi yang dapat mengurangi produksi hormon oksitosin:

1. Ibu menyusui merasa cemas, sedih, marah, kesal, atau bingung

2. Ibu menyusui merasa cemas terhadap perubahan bentuk pada payudara dan bentuk tubuhnya, meninggalkan bayi karena harus bekerja dan ASI tidak mencukupi kebutuhan bayi.

3. Bunda merasa sakit terutama saat menyusui

Nah bunda, selalu semangat dalam meng-ASIhi yah agar buah hati merasa bahagia dan sehat.

Latest news

Related news

- Advertisement -