28 C
Jakarta
Sabtu, 19 Juni 2021
BerandaNewsNasionalKaryawan dapat Subsidi Rp 600 ribu, Pemerintah Minta Perhatikan Juga Guru...

Karyawan dapat Subsidi Rp 600 ribu, Pemerintah Minta Perhatikan Juga Guru Honorer

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 600 ribu kepada karyawan swasta mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, namun. AnggotaDPR RI Komisi X, Illiza Sa’aduddin Djamal meminta pemerintah memperhatikan guru swasta yang berpenghasilan dibawah Rp 5 juta.

“Pemerintah telah akan memberi subsidi Rp600 ribu perbulan kebijakan ini sangat baik, namun sayang guru swasta luput dari sasaran kebijakan tersebut. Padahal seharusnya guru swasta lah yang harus menjadi sasaran utama dari kebijakan ini mengingat sebagian besar guru swasta mempunyai gaji jauh di bawah Rp 5 juta,” katanya kepada wartawan.

- Advertisement -

Illiza mengaku dirinya mendapatkan laporan dari Pengurus Besar Guru Inpassing Nasional (PB PGIN), bahwa masih banyak guru swasta yang hanya memiliki honor Rp 300 ribu perbulan dan mereka tidak termasuk dalam kategori pekerja yang akan disubsidi pemerintah tersebut.

“Sekali lagi, kami meminta kepada pemerintah memasukkan guru-guru swasta pada kategori penerima subsidi sebagaimana yang diberikan kepada pekerja dan karyawan swasta,” lanjutanya.

Illiza berkeyakinan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama (kemenag) memiliki data para guru swasta yang memiliki penghasil dibawah standar.

“Saya yakin pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) mempunyai data lengkap tentang honor guru yang sangat kecil tersebut. Sehingga dengan data itu memudahkan bagi pemerintah untuk menyalurkan subsidi yang diberikan selama Pademi Covid 19 yang bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat,” tegasnya.

menerut Illiza, profesi guru yang memiliki penghasilan dibawah standar seharusnya diprioritaskan oleh pemerintah.

“Guru seharusnya selalu menjadi perhatian utama dalam setiap kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, karena terbukti banyak guru masih hidup dengan gaji seadanya. Padahal peran guru sangat besar untuk kemajuan Indonesia. Sehingga diharapkan pada momen kemerdekaan RI ke-75 ini, Indonesia bisa meningkatkan kesejahteraan guru untuk peningkatan SDM Indonesia yang lebih unggul,” tutupnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -