31 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli 2024
BerandaHeadline‘Sultan’, Hewan Kurban Jokowi dengan Bobot 1,1 Ton

‘Sultan’, Hewan Kurban Jokowi dengan Bobot 1,1 Ton

- Advertisement -

Cilegon, IndoChannel.id – Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022 banyak masyarakat yang tengah mempersiapkan hewan kurbannya untuk disembelih. Tak hanya masyarakat, orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo diketahui telah membeli seekor sapi dari peternak di Cilegon, Banten.

Sapi kurban yang dibeli Jokowi itu memiliki bobot 1,1 ton dan dinamai ‘Sultan’ oleh sang peternak. Jokowi membeli ‘Sultan’ dengan harga Rp 112 juta. Sapi jenis Ongole ini merupakan sapi asal Kebumen, Jawa Tengah saat pertama kali didatangkan ke Cilegon. Ketika dibawa dari Kebumen pada 2021 lalu, usia Sultan masih 3 tahun dengan bobot 600 Kg.

- Advertisement -

“Kita nggak nyangka sih kalo sapi ini bisa dipesan oleh Bapak Presiden,” kata pemilik ternak Cilegon Farm House, Haerurrohaman, Jumat (8/7/2022).

Sebelum dibeli Jokowi, sapi ini harus melalui tahapan seleksi dan pemeriksaan oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten. Haeru mengatakan seleksi ini dilakukan lantaran Jokowi ingin membeli hewan kurban dengan kualitas terbaik di satu daerah.

“Prosesnya memang seleksi dulu dari dinas provinsi, kemudian dinas terkait di Cilegon datengin kita, dikasih tau kalo Presiden Jokowi minta sapi untuk kurban, alhamdulillah kita terpilih. Kan yang dicari sapi yang besar dan berkualitas, ya mungkin terpilih karena disini yang terbaik,” katanya.

Jokowi membeli hewan kurban di peternakan Cilegon Farm House kali kedua. Haeru mengaku saat pertama kali hewan ternaknya dibeli Jokowi, dirinya tak menyangka.

“Ini kali kedua, sebelumnya pernah juga. Yang pertama kaget banget, kita nggak percaya kalo presiden bisa ngambil sapi ke sini,” ujarnya.

Heru mengatakan sapi ini akan dibawa ke pusat pemerintahan Provinsi Banten esok hari untuk disembelih saat Idul Adha. “Ini besok dianter ke Masjid Al Bantani, KP3B Provinsi Banten, sekitar jam 10 pagi, nggak ada pengawalan dianter aja soalnya di sana udah ada penerimanya, cuma kita nggak perlu pake nama-nama atau spanduk, biasa aja,” katanya.

Latest news

Related news

- Advertisement -