34.8 C
Jakarta
Sabtu, 18 Mei 2024
BerandaHeadlinePemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 1443 H Jatuh Pada 3 April 2022

Pemerintah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 1443 H Jatuh Pada 3 April 2022

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pemerintah telah menetapkan awal puasa Ramadan 1443 H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Penetapan ini diumumkan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berdasarkan hasil sidang isbat sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004, yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta, Jumat (1/4/2022).

- Advertisement -

“Secara mufakat bahwa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada tanggal 3 April 2022,” jelas Yaqut.

Dalam sidang isbat pun turut hadir secara daring pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR RI pejabat eselon, ahli ilmu falaq, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), planetarium Jakarta, Tim Unifikasi Kalender Hijriyah, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam, dan undangan lainnya.

Pada sidang isbat 2022 ini dimulai dengan pemaparan posisi hilal pada Jumat, 1 April 2022 berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Berdasarkan pemaparan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Thomas Djamaluddin, hilal di wilayah Indonesia dinyatakan masih belum terlihat.

Secara umum, posisi hilal di Indonesia masih kurang dari kriteria baru MABIMS yakni, tinggi bulan minimal sebesar 2 derajat. Hanya wilayah Sumatera dan sebagian Jawa yang sudah mencapai 2 derajat.

Sedangkan di Jakarta, peneliti BRIN menyebut, tinggi bulannya hanya sebesar 1 derajat 42 menit.

“Di Indonesia, hilal terlalu rendah tidak mungkin mengalahkan cahaya syafaq, sehingga tidak mungkin untuk terlihat hilal,” katanya dalam Pemaparan Posisi Hilal yang dikutip secara daring melalui YouTube Bimas Islam Kemenag.

Selanjutnya, sidang isbat dibahas secara tertutup yang dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas. Sidang isbat tersebut merujuk pada gabungan data hisab awal yang kemudian dikonfirmasi melalui hasil pengamatan hilal atau rukyatul hilal oleh Tim Kemenag di 101 titik rukyat dari seluruh Indonesia.

Senada dengan perhitungan hisab, laporan rukyatul hilal juga menyebutkan, hilal masih belum terlihat dari keseluruhan 101 titik rukyat di seluruh Indonesia tersebut. Hasil ini kemudian menjawab kapan puasa Ramadan 2022 dimulai.

Latest news

Related news

- Advertisement -