25.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli 2024
BerandaAutos TechnoPertama di Indonesia! Kota Bandung Luncurkan Mobil Derek Hidrolik Otomatis

Pertama di Indonesia! Kota Bandung Luncurkan Mobil Derek Hidrolik Otomatis

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Mobil derek hidrolik otomatis yang diberi nama BANDREK (Bandung Mobile Derek) resmi diluncurkan di Kota Bandung.

Bandrek merupakan inovasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Bandrek ini menjadi mobil Derek hidrolik pertama di Indonesia. Pembuatan mobil ini pun menelan anggaran Rp2,1 miliar.

- Advertisement -

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan, adanya Bandrek tersebut bisa jadi solusi penindakan parkir liar di Kota Bandung terutama di titik-titik strategis. Sebab, menurut Yana parkir liar menjadi salah satu penyebab kemacetan di Kota Bandung.

“Idealnya nanti di Pusat Kota serta di titik-titik keramaian lah ya. Mobil ini juga sangat praktis, mengurangi jumlah petugas juga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama ya,” ujar Yana, Kamis, 30 Desember 2021.

Selanjutnya, Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menambah unit Bandrek. Bahkan, menurut Yana, saat ini Pemprov sudah berencana menambah 2 unit Bandrek untuk diproduksi.

Yana berharap dengan hadirnya Bandrek bisa memberikan efek jera terhadap pengendara yang memarkir kendaraan tidak pada tempatnya.

“Mudah-mudahan ada efek jera dengan adanya mobil derek ini, kan kita kalau kendaraanya hanya satu kurang ideal juga minimal membuat efek jera,” lanjut Yana.

“Jadi buat warga Kota Bandung buat orang yang melakukan aktivitas di Kota Bandung tolong ikut menjaga ketertiban Kota Bandung,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bandung EM Ricky Gustiadi mengatakan, dengan hadirnya Bandrek ini bisa meminimalisir kerusakan pada kendaraan saat dilakukan penindakan.

“Terutama saat diparkir dia ada rem tangan dan matic kalau dengan ini bisa diangkut dengan mudah. Jadi tidak merusak kendaraannya,” ujar Ricky.

Ricky menyebut, jika Dishub terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara kerja Bandrek. Untuk mobil yang bisa diangkut oleh Bandrek maksimal berbobot 1,8 ton.

“Sejak diresmikan ini kita langsung operasikan, sebetulnya kemarin sudah dilakukan sosialisasi tapi secara resmi menggunakan mobil derek yang sudah kita modifikasi baru hari ini kita mulai,” beber Ricky.

Latest news

Related news

- Advertisement -