27 C
Jakarta
Kamis, 18 April 2024
BerandaKesehatanKenali Gejala Tak Umum Omicron, Ruam di Kulit

Kenali Gejala Tak Umum Omicron, Ruam di Kulit

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Setelah menemukan kasus positif Covid-19 varian Omicron di Indonesia, pemerintah masih terus berupaya untuk menekan laju penyebaran varian Omicron.

Seperti yang diketahui, Varian Omicron paling banyak ditemukan di negara Inggris. Data terbaru pemerintah mencatat lebih dari 100 ribu kasus Omicron terkonfirmasi per 24 Desember.

- Advertisement -

Dari pasien Omicron yang terpapar, gejalanya tampak berbeda dengan infeksi varian Corona sebelumnya. Bahkan, ada gejala Covid-19 tak umum yang dikeluhkan pasien Omicron.

Baca Juga :

Pasien Omicron Lolos dari Wisma Atlet, Ini Kata Kemenkes

Dikutip dari Express UK, menurut laporan aplikasi ZOE COVID Study, gejala tak umum pada varian sebelumnya ini menunjukkan ciri-ciri yang kuat terpapar Omicron, yakni ruam.

Studi ZOE COVID dibuat oleh para dokter dan ilmuwan dari berbagai universitas, termasuk Harvard T.H. Chan School of Public Health dan King’s College London, bekerja sama dengan perusahaan ilmu kesehatan bernama ZOE.

Jenis ruam

Ada dua jenis ruam yang diamati pada pasien positif Covid-19 Omicron, yaitu ruam benjolan gatal dan ruam tipe biang keringat.

Ruam jenis gatal-gatal biasanya muncul dalam bentuk benjolan di kulit, datang dan pergi dalam waktu yang relatif singkat.

Gejala ruam ini biasanya dimulai pada telapak tangan atau telapak kaki yang terasa sangat gatal. Ruam seperti ini bisa muncul sejak awal terinfeksi dan bisa juga berlangsung lama setelahnya.

Ruam biang keringat

Ruam tipe biang keringat atau ruam tipe cacar air muncul sebagai area kecil, gatal, benjolan merah yang ditemukan di mana saja di tubuh. Namun, jenis ini biasanya bisa muncul di siku, lutut dan punggung tangan serta kaki.

Gejala Covid-19 tak biasa pada pasien Omicron seperti ruam ini dapat bertahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu berdasarkan laporan aplikasi ZOE COVID.

Penelitian mereka memperingatkan bahwa gejala kulit ini sering terjadi ketika tidak ada gejala lain yang terkait dengan Covid-19.

Faktanya, 21 persen pengguna aplikasi melaporkan ruam sebagai satu-satunya gejala Covid-19 yang sedang berlangsung.

Selanjutnya, 17 persen mengalami ruam sebagai gejala Covid-19 awal mereka yang dapat membantu mengenali infeksi Omicron sejak dini.

Gejala lain yang terkait dengan Omicron yang berbeda dari gejala aslinya meliputi:

  • Tenggorokan gatal
  • Pilek
  • Bersin
  • Sakit otot ringan
  • Kelelahan yang luar biasa
  • Keringat malam

Latest news

Related news

- Advertisement -