32.7 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus 2022
BerandaNewsNasionalKorpri : ASN Harus Terus Belajar Agar Tidak Digantikan Robot

Korpri : ASN Harus Terus Belajar Agar Tidak Digantikan Robot

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang digantikan oleh robot menjadi kabar yang cukup mengejutkan bagi masyarakat.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrullah menjelaskan bahwa adanya perkembangan teknologi membuat beberapa pekerjaan dapat digantikan oleh mesin atau robot. Terutamanya pekerjaan-pekerjaan yang bersifat mekanistik dan rutin. Namun, lanjutnya, jika PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh apapun.

- Advertisement -

“PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh robot ataupun mesin. Tetapi kalau PNS yang engga berkualitas ya pastilah tergantikan. Ini untuk memotivasi dan memacu para ASN agar menjadi ASN yang berkualitas,” katanya, Rabu (1/12/2021).

Meski demikian, menurut Zudan ada banyak hal yang tidak bisa digantikan oleh robot atau mesin saat ini. Yakni hal-hal yang berkaitan dengan empati, kerjasama, dan kemanusiaan.

“Oh ya dalam banyak hal PNS itu tidak tergantikan. Misalnya untuk mengambil keputusan terhadap pengelolaan keuangan, untuk penanggulangan bencana, untuk membantu masyarakat. Banyak hal ga bisa tergantikan,” tuturnya.

Zudan mengungkapkan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya robot atau teknologi. Menurutnya hal ini hal ini harus memicu para ASN untuk terus belajar agar fungsinya tidak tergantikan oleh mesin.

“Jadi ASN juga ga perlu khawatir. Banyak pekerjaan yang tidak bisa tergantikan mesin atau robot tetapi ada hal-hal yang bisa digantikan oleh mesin atau robot. Maka ASN harus belajar terus agar fungsinya ga tergantikan,” pungkasnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -