26.1 C
Jakarta
Jumat, 26 April 2024
BerandaAutos TechnoTips Memilih Mobil Bekas, Jangan Tergiur Kilometer Rendah!

Tips Memilih Mobil Bekas, Jangan Tergiur Kilometer Rendah!

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Mobil menjadi salah satu kendaraan yang penting apalagi ketika akan berpergian bersama keluarga. Karena itu, masyarakat berusaha agar dapat memilikinya. Nah, untuk Kamu yang ingin mobil tapi terkendala biaya? Jangan khawatir, mobil bekas pun tak ada salahnya selagi kita tau cara memilihnya.

“Sekarang tantangan bagi konsumen adalah bagaimana cara memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas,” buka Jeffrey Andika, Co-Founder dan CEO Otospector dalam keterangan resminya.

- Advertisement -

Jeffrey mengatakan ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Kamu ingin meminang mobil bekas. Langkah awal jangan selalu berpatokan pada kilometer. Namun lebih baik fokus terhadap kondisi kendaraan.

“Mobil dengan kilometer rendah namun tidak dirawat dengan baik akan lebih rentan bermasalah, ketimbang mobil dengan kilometer tinggi tetapi lebih terawat,” sambung Jeffrey.

Jeffrey juga menyarankan agar jangan terlalu percaya dengan mobil yang dilego dengan harga ‘miring’ atau harga yang sangat murah. Ada baiknya calon pembeli ekstra teliti dan hati-hati sebelum membeli.

“Biasakan untuk melakukan test drive sebelum membeli. Test drive kendaraan berfungsi untuk memastikan kondisi mobil ketika diajak berkendara dari sisi performa, fitur hingga lainnya,” tambahnya.

Hal penting lainnya adalah mengenai kelengkapan surat-surat. Dokumen-dokumen seperti STNK, BPKB, dan faktur penjualan harus ada.

Kemudian dari sisi fisik kendaraan sendiri, bagian eksterior bisa diteliti, apakah mobil tersebut bekas kecelakaan atau tidak. Pertama cek sealer pintu, cek pilarnya, dan cek bagian kolong apakah ada bekas goresan atau tidak.

Selain itu yang perlu dicek lagi dari bagian eksterior adalah area mesin dan area kaki-kaki seperti shockbreaker, kampas rem, dan ban, serta kondisi cat di permukaan bodi.

Lanjut ke bagian interior, calon pembeli perlu mengecek kabinnya, apakah mobil bekas terendam banjir atau tidak. Jika pernah kena banjir bau kabin pasti bakal tidak sedap.

Selain melakukan inspeksi sendiri saat ingin membeli mobil bekas, konsumen juga bisa menggunakan jasa pengecekan pihak ketiga, seperti Otospector.

“Otospector pada awalnya menyuguhkan layanan penyedia jasa inspeksi mobil. Hingga kini kami telah menginspeksi lebih dari 35.000 unit kendaraan. Sementara sebanyak 5.000 unit mobil telah mendapatkan garansi untuk mesin dan transmisi. Selain itu, Otospector telah menjalin kerjasama total lebih dari 50 bengkel rekanan lebih pada 5 kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Jogja, Surabaya dan Bali,” jelas Jeffrey.

“Karena Otospector telah memiliki banyak rekanan dengan showroom mobil bekas serta melakukan inspeksi rutin, maka data stok mobil showroom pun secara rutin telah masuk ke sistem kami. Strategi selanjutnya kami mengembangkan marketplace di aplikasi Android dan iOS dengan nama OTOS,” tukas Jeffrey.

Latest news

Related news

- Advertisement -