26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaHeadlineWaspada! Fitur Add Yours di Instagram Rentan Dijadikan Modus Kejahatan

Waspada! Fitur Add Yours di Instagram Rentan Dijadikan Modus Kejahatan

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Fitur terbaru di Instagram yaitu Add Yours dijadikan modus kejahatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Add Yours merupakan fitur stiker balasan untuk berinteraksi dengan teman lainnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih topik yang disediakan Instagram atau buat sendiri topik untuk berbagi.

- Advertisement -

Selain itu, Add Yours kerap kali dijadikan challenge mengenai suatu topik yang dibagikan teman lainnya. Misalnya menunjukkan foto saat berlibur.

Namun, baru-baru ini fitur ini malah dijadikan kejahatan. Hal ini terungkap dari curhatan pegiat media sosial, Dita Moechtar (@ditamoechtar), yang menceritakan temannya menjadi korban penipuan setelah melakukan challenge Instagram dengan fitur Add Yours.

Salah satu topik challenge yang tengah menjadi perbincangan adalah “Variasi Panggilan Nama Kamu”. Sebab siapa sangka, jika tantangan untuk mengungkap berbagai nama panggilan pribadi itu justru oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

“Pagi tadi teman saya telepon, nangis-nangis habis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang telepon minta transfer gitu,” tulis Dita melalui Twitternya, dikutip Selasa (23/11/2021).

Ternyata, sang teman langsung mengunduh dan mentransfer sejumlah uang karena penipu memanggilnya dengan nama Pim yang hanya diketahui oleh orang terdekatnya saja.

Atas kejadian ini, Dita berpesan kepada pengguna media sosial untuk selalu waspada, oleskan lebih bijak dalam mengikuti challenge Add Yours.

“Tantangan kayak gini gak perlu selalu diikutin gaes. Tantangan satu hari satu juz aja diabaikan ya? Istighfar,” ujar Dita.

Fitur Add Yours lainnya juga menjadi modus kejahatan, yakni “Nama Gadis Ibu Kandung”; “Tempat Tanggal Lahir Kamu”; “Selfie dengan KTP”; “Foto Tangdatangan”; hingga “Alamat Rumah Kamu”.

Nah, untuk Kamu yang menemukan challenge ini sebaiknya tidak perlu mengikutinya. Sebab, nama gadis ibu kandung hingga alamat rumah merupakan data pribadi yang biasa dipakai untuk data perbankan. Bahkan hal itu juga bisa menjadi data Kamu diretas untuk kredit online (ojol).

Tetap untuk selalu waspada ya!

Latest news

Related news

- Advertisement -