26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaHeadlineKala Presiden Soeharto Berpidato di HUT Korps Marinir TNI AL, “Jadilah ABRI...

Kala Presiden Soeharto Berpidato di HUT Korps Marinir TNI AL, “Jadilah ABRI yang Dicintai Rakyat”

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Tepat hari ini, Senin (15/11/2021), Korps Marinir Indonesia TNI Angkatan Laut tengah merayakan hari jadinya yang ke-76.

Dalam sejarahnya, Korps Marinir Indonesia TNI AL menorehkan berbagai prestasi dan kebanggaan yang telah diukir.

- Advertisement -

Dikutip dari soeharto.co, pada saat itu, Presiden Indonesia yang kedua ini pernah berpidato pada HUT ABRI ke-41, tahun 1986 silam di Senayan, Jakarta.

“Setiap kali memperingati hari ulang tahun ABRI, perasaan kita selalu diliputi rasa syukur, bangga dan haru. Kita merasa bersyukur dan bangga karena dalam situasi apapun ABRI senantiasa dapat menunaikan tugas sebaik-baiknya dalam menjaga keselamatan bangsa dan negara serta keamanan jalannya pembangunan nasional,” ujar Soeharto.

“Kita merasa terharu dan bangga karena setiap kali kita mengikuti upacara seperti ini, kita berhadapan dengan jajaran prajurit yang baru, yang lebih muda, yang lebih sigap dan dengan peralatan yang lebih maju. Ini menunjukkan adanya proses kesinambungan yang mantap dalam jajaran ABRI, yang juga mengisyaratkan adanya kemampuan dan ketangguhan bangsa yang berlanjut untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya,” tuturnya.

Soeharto juga mengungkapkan bahwa HUT ABRI merupakan hari yang istimewa. Saat itu, dirinya menganggap HUT ABRI tidak hanya sebagai tanda bahwa bangsa Indonesia telah dapat melampaui satu tahun kehidupannya dengan selamat sentosa, tetapi juga sebagai sumber inspirasi yang memberi kekuatan, semangat dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

“Jadilah ABRI yang dicintai rakyat, karena ABRI memang mencintai rakyat,” ucapnya.

Soeharto menyampaikan pidatonya mengenai ABRI dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, Ketua MPR Amir Machmud, Ketua BPK M. Jusuf, para menteri Kabinet Pembangunan IV dan atase militer negara asing, serta 5000 orang pengunjung.

Latest news

Related news

- Advertisement -