26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaNewsAndir Firliansyah Ditunjuk Nahkodai DPD Mapancas Provinsi Sumsel Periode 2022-2024

Andir Firliansyah Ditunjuk Nahkodai DPD Mapancas Provinsi Sumsel Periode 2022-2024

- Advertisement -

SUMSEL, IndoChannel.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Mahasiswa Pancasila (Mapancas) Sumatera Selatan gelar rapat pleno di Jalan Inspektur Marzuki, Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) Jumat (12/11/2021). Dalam rapat tersebut untuk menentukan komposisi baru di kepengurusan DPD Sumsel 2022 – 2024.

Rapat pleno yang bertajuk “Membentuk dan Membangun Mahasiswa yang Progresif serta Revolusioner untuk Menghadapi Tantangan era Resolusi 4.0” Andir Firliansyah ST., MH terpilih untuk menahkodai DPD Mapancas Provinsi Sumsel.

- Advertisement -

Setelah dirinya terpilih Andir Firliansyah beserta pengurus DPD Mapancas Provinsi Sumsel akan segera melakukan konsolidasi ke DPD tingkat 2. Karena memang dari 17 kabupaten dan kota itu, banyak yang masih belum aktif, ini yang menjadi PR besar untuk Mapancas Sumsel.

Andir juga menargetkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengaktifkan kembali koordinator Mapancas Provinsi Sumsel di setiap perguruan tinggi dan segera mungkin untuk melakukan pelantikan.

“Dalam waktu dekat, kita mengupayakan untuk audiensi bersilaturahmi dengan pejabat-pejabat terkait. Terutama Gubernur Sumsel, Wakil Gubernur, Kapolda, Pangdam dan Kejati Sumsel, Khususnya Forkompinda,” katanya kepada wartawan. Sabtu (13/11/2021).

Dilanjutkan Andir, amanah ini menjadi sebuah tanggung jawab yang cukup berat bagaimana mengembalikan kejayaan Mapancas ini, tentunya dilahirkan didirikan oleh ada dua sosok Jenderal pertama Jenderal besar Ahmad Nasution dan Jenderal Gatot Subroto.

“Tentunya akan menjadi sebuah keharusan dari tingkat DPP. Alhamdulillah hari ini kita mulai aktif lagi untuk melakukan konsolidasi demi kemajuan Mapancas kedepan, mudah-mudahan ini menular ke Sumsel. Insha Allah dulu Mapancas di Sumsel cukup diperhitungkan,” terangnya.

Sementara itu Ketua OKK DPP Mapancas, Zaki Yamana meminta kepengurusan yang baru ke depan yang pasti itu membawa Mapancas lebih baik dari kepengurusan yang sebelumnya

“Kita tekankan kepada ketua DPD Mapancas Sumsel terpilih, soal kaderisasi. Kita berharap, Mapancas Sumsel segera melakukan konsolidasi ke bawah terkhusus untuk kembali mengaktifkan atau menghidupkan kembali, DPD kabupaten dan kota serta koordinator di perguruan tinggi,”ucapnya.

Hal senada yang diungkapkan, Wakil Ketum DPP Mahasiswa Pancasila, Dr. Andi Hidayat, SE., M,Si, mengatakan, pihaknya melakukan konsolidasi dengan pengurus DPD Sumsel, dalam proses ini mengerucut pada satu titik yaitu rapat pleno diperluas.

“Rapat pleno ini dalam menentukan komposisi baru di kepengurusan DPD Sumsel berikutnya, pada periode tahun 2022 – 2024, nanti akan diemban oleh ketua yang terpilih bersama seluruh jajarannya serta akan melaksanakan semua proses pelaksanaan yang sesuai dengan yang ada di DPP,” imbuhnya.

Andi menambahkan, bahwa DPP turun dalam rangka melakukan evaluasi terhadap seluruh DPD dan mengecek apakah DPD ini berfungsi atau tidak. Sehingga dengan proses ini, pihaknya bisa mengetahui bahwa DPD telah melakukan eksis akan kelembagaan.

“Kita berupaya untuk pengembangan pada sayap-sayap Mapancas, di mana upaya kami adalah setiap DPD nanti akan menghadirkan DPD kabupaten kota yang didalamnya ada Koordinator Perguruan Tinggi (Korti),” jelasnya.

Menurutnya, bahwa mahasiswa harus menghadirkan elemen organisasi ini ke dalam tubuh mahasiswa, karena membawa kata nama Pancasila di belakang dan depan ada mahasiswa maka berupaya untuk membentuk karakter mahasiswa yang lebih nasionalisme.

“Semoga untuk Ketua terpilih dan jajarannya ke depan. Insha Allah perjalanannya maju dan terus berkembang serta memiliki regenarasi tetap pada roll organisasi. Kedua, jangan canggung untuk berkomunikasi dengan DPP terkait hal-hal kebaikan di organisasi. Insha Allah, saya berupaya untuk memediasi seluruh DPD provinsi dalam hal pengembangan,” tandasnya

Untuk diketahui, Mapancas merupakan organisasi kepemudaan yang memiliki catatan sejarah panjang sejak berdiri pada 28 oktober 1958 silam.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Mahasiswa Pancasila, Dr. Andi Hidayat, SE., M,Si, dan Ketua OKK DPP Mapancas, Zaki Yamana, dengan mengusung tema, ‘Membentuk dan Membangun Mahasiswa yang Progresif serta Revolusioner untuk Menghadapi Tantangan era Resolusi 4.0’.

Latest news

Related news

- Advertisement -