26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaKesehatanMau Berat Badan Turun? Simak 5 Cara Kopi dalam Menurunkan Berat Badan

Mau Berat Badan Turun? Simak 5 Cara Kopi dalam Menurunkan Berat Badan

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Sebagian orang memiliki masalah dengan berat badanya yang obesitas. Mereka melakukan berbagai cara agar mencapai berat badan yang ideal. Kali ini ada salah satu cara untuk menurunkan berat badan Kamu, loh yaitu dengan kopi.

Kopi memiliki kandungan kalori yang rendah, bahkan tidak ada jika diminum secara murni tanpa tambahan. Kopi juga dinilai sangat ampuh untuk membantu membangkitkan energi di pagi hari sehingga cocok untuk memulai aktivitas.

- Advertisement -

Tidak sekadar mengatasi rasa ngantuk, kopi ternyata juga memiliki manfaat yang lebih lengkap. Beberapa manfaat kopi datang dari komponen aktif yang terkandung di dalamnya dan sudah dibuktikan lewat berbagai penelitian.

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit dan menurunkan risiko penyakit kronis, tak disangka kopi yang kian digemari oleh masyarakat ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun juga telah membuktikan bahwa kopi dapat mengelola berat badan dengan sangat baik dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut TImes of India, Berikut ini 5 cara kopi menurunkan berat badan :

  1. Bantu Tingkatkan Energi Sebelum Olahraga

Asupan yang dikonsumsi sebelum maupun sesudah berolahraga ternyata memiliki pengaruh yang begitu penting untuk stamina tubuh. Kopi digadang-gadang menjadi asupan yang sangat baik untuk membantu memicu produksi energi maupun pemulihan pasca olahraga.

Hal ini disebabkan energi yang ditimbulkan dari konsumsi kopi dapat bertahan lebih lama. Sehingga akan membantu menjaga kebugaran tubuh walaupun sudah kehabisan energi selama aktivitas olahraga.

Para pengamat kesehatan dan peneliti telah melihat bahwa efek ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi kopi 30 menit sebelum berolahraga. Selain memberikan dorongan energi untuk tubuh, energi yang dihasilkan oleh kopi ternyata juga dapat memaksimalkan pembakaran lemak.

  1. Menekan Nafsu Makan

Peraturan pertama untuk menurunkan berat badan adalah dengan membakar sebanyak mungkin kalori dan menyusun defisit kalori yang tepat. Cara yang paling banyak dilakukan untuk melakukan defisit kalori ini biasanya berupa mengurangi asupan junk food, menyesuaikan porsi makan hingga mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat.

Ternyata jarang ada yang mengetahui bahwa konsumsi kopi merupakan salah satu cara untuk melakukan defisit kalori. Bahkan pernyataan tersebut telah dinyatakan oleh ahli dengan penelitian yang jelas.

Konsumsi kopi ditemukan dapat membantu mengosongkan lambung namun tidak membuat tubuh memproduksi energi terlalu tinggi. Cara mengonsumsi kopi agar lebih efektif disarankan oleh ahli semudah menyelipkan secangkir kopi pada setiap waktu makan.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Pembakaran lemak dan penurunan berat badan juga sangat bergantung pada tingkat kualitas metabolisme pada tubuh seseorang. Semakin cepat metabolisme dalam tubuh seseorang maka peluang menurunkan berat badan dan pembakaran lemak dalam tubuh juga akan semakin tinggi.

Para ahli mengungkapkan bahwa metabolisme juga bisa dibantu dengan asupan bahan makanan secara alami. Ternyata kopi menjadi salah satu daftar dari bahan peningkat metabolisme yang direkomendasikan.

Penelitian terbaru yang dipublikasi pada jurnal Food Science and Nutrition bahkan kafein secara umum mampu bekerja untuk menyemimbangkan indeks massa tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi juga menjadi alasan mengapa kopi mampu membantu meningkatkan metabolisme.

  1. Diperkaya Antioksidan

Walaupun punya manfaat yang baik tetapi konsumsi kopi tetap perlu diperhatikan karena kadar kafeinnya. Kelebihan konsumsi kafein dapat mendatangkan efek buruk untuk tubuh.

Ada komponen antioksidan yang dikatakan sedikit bisa menyeimbangkan efek buruk dari konsumsi kafein yang berlebihan. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi dikatakan mampu membantu menghancurkan radikal bebas yang juga berkaitan dengan akumulasi lemak di dalam tubuh.

Kopi juga dikatakan mampu membantu regenerasi sel-sel baru serta fungsi organ vital tubuh menjadi lebih optimal. Kandungan komponen seperti polifenol yang hadir dalam kafein diungakpkan ahli menjadi faktor utama yang membuat kopi sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

  1. Jangan Ditambah Pemanis

Penjelasan ahli terkait manfaat dan cara kerja kopi untuk menurunkan berat badan tidak terlepas dari jenis sajian kopi yang dikonsumsi. Kopi bisa membantu menurunkan berat badan dengan efektif jika ada syarat-syarat yang dipenuhi. Salah satunya adalah tambahan pemanis.

Jika kamu menyukai secangkir kopi dengan krimer, gula ataupun pemanis lainnya coba pikir ulang jika ingin menurunkan berat badan dengan bantuan secangkir kopi. Satu-satunya bahan tambahan yang diperbolehkan para ahli kesehatan adalah susu hewani maupun pilihan susu nabati bagi yang alergi terhadap laktosa.

Para ahli merekomendasikan kopi hitam murni atau kopi hijau jika ingin mendapatkan efek penurunan berat badan yang maksimal. Usahakan untuk tidak melebihi 2 hingga 3 gelas per hari agar tidak mendatangkan efek buruk akibat kelebihan kafein.

Latest news

Related news

- Advertisement -