26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaFinanceHindari Blokir, Segera Tukarkan Kartu ATM BCA Lama ke Kartu ATM BCA...

Hindari Blokir, Segera Tukarkan Kartu ATM BCA Lama ke Kartu ATM BCA Chip

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Untuk Anda pengguna ATM BCA tanpa chip harus segera mengganti kartu karena mulai bulan depan kartu lama akan otomatis terblokir.

Berdasarkan informasi, kartu ATM yang akan diblokir tersebut adalah yang memakai magnetic stripes, yakni garis hitam memanjang di belakang kartu. Bagian inilah yang akan digesek untuk kebutuhan saat transaksi. Umumnya kalau garisnya rusak, maka kartu nggak bisa dipakai.

- Advertisement -

Jika Anda masih memilikinya tentu perlu menggantinya menjadi kartu ATM chip, yang ditandai dengan kotak kecil berwarna emas dan ada di bagian depan kartu.

Batas penukaran ini dijadwalkan BCA hingga 30 November 2021 mendatang. Jadi jangan sampai lupa jika kartu ATM Anda tidak mau diblokir, ya!

“Setelah 30 November 2021, Kartu yang TIDAK ADA CHIP nya seperti Kartu Debitur BCA, Xpresi BCA, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, dan BCA Cash HARUS DITUKAR DENGAN YANG ADA CHIPNYA , karena yang TANPA CHIP tidak bisa lagi digunakan untuk transaksi dan otomatis TERBLOKIR,” tulis BCA kepada nasabahnya, Selasa (2/11/2021).

Untuk diketahui, penukaran kartu ATM magnetic stripes menjadi kartu ATM chip ini sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia. Seluruh nasabah perbankan memang akan ditargetkan untuk menggunakan ATM berbasis chip. Ini pun telah sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP yang dikeluarkan 30 Desember 2015.

Surat Edaran itu tentang implementasi standar nasional teknologi chip dan penggunaan PIN online 6 digit untuk kartu ATM dan kartu debet yang diterbitkan di Indonesia.

Dalam beleid tersebut disebutkan penggantian kartu ATM lama paling lambat 31 Desember 2021. Serta per 1 Januari 2022 kartu ATM baru sudah berbasis chip.

Kamu bisa mengganti kartu dengan datang langsung ke kantor cabang BCA, maupun ke layanan CS Digital BCA berbasis self service yang biasanya tersedia di kantor cabang, juga lewat Halo BCA atau aplikasi haloBCA.

Tidak ada biaya untuk pembuatan kartunya. Namun, jika Anda menggunakan layanan Halo BCA yang bisa dilakukan dengan menghubungi kanal Halo BCA 1500-888, maka Anda akan dikenai biaya pengirimannya sebesar Rp20 ribu.

Latest news

Related news

- Advertisement -