26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaNewsNusantaraTiga Orang Pemancing Tewas Tenggelam di Sungai Cilutung dan Waduk Jatigede Sumedang

Tiga Orang Pemancing Tewas Tenggelam di Sungai Cilutung dan Waduk Jatigede Sumedang

- Advertisement -

Sumedang, IndoChannel.id – Tiga orang pemancing tewas tenggelam, dua orang diantaranya tenggelam di sungai Cilutung, Dusun Cibengkung, Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Kab. Sumedang, Sabtu (23/10/21).

Dua orang korban adalah Ginanjar Mulyana (16) dan Rega Adtya Hermawan (14), Warga Dusun Cikalung, Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Sumedang.

- Advertisement -

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (23/10/21) sekitar pukul 13.00 WIB, Sagar, Ginanjar dan Dadi memancing di sungai Cilutung. Pada pukul 15.30 WIB, teman mereka Rega dan Zaenal datang untuk ikut memancing. Jam 16.30 WIB, Ginanjar gerah dan mandi di sungai Cilutung sambil mengucap “jero” dan akhirnya terbawa arus selanjutnya Rega loncat untuk menolong Ginanjar, namun nasib nahas menimpa Rega, Rega pun terpeleset dan tenggelam terbawa arus sungai Cilutung, yang bermuara ke Waduk Jatigede.

Sementara rekan korban Sagar berusaha mau menolong korban namun dihalangi oleh Dadi, selanjutnya 3 orang saksi Sagar, Dadi dan Zaenal meminta pertolongan kepada Warga sekitar untuk melakukan pencarian.

Sekitar pukul 20:31 Wib, korban Ginanjar ditemukan disekitar lokasi tenggelam, langsung dibawa kerumah korban di Dusun cikalung RT/RW 01/01 Desa Mekarwangi Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang.

Potensi SAR Majalengka melakukan pencarian korban Rega yang saat ini belum diketemukan. Sementara Team SAR menghentikan pencarian Jam 21:30 Wib, dan akan dilanjutkan besok pagi Minggu, (24/10/21).

Micky salah seorang anggota team Jercy (Jatinangor emergency respon comunity) saat dikonfirmasi via WA menyampaikan, “Korban Rega telah diketemukan pada Minggu siang (24/10/21),” jelas Micky.

Di tempat terpisah, dua orang pemancing asal Limbangan, Garut tenggelam di Blok perairan Munjul, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang.

Informasi yang berhasil dihimpun, Korban tenggelam bernama Dedi (45) merupakan warga Kampung Randukurung Rt.02 Rw.05, Desa Limbangan Tengah, Kecamatan Limbangan, Garut.

Sebelum peristiwa terjadi, korban bersama rekannya, yakni Muhammad Reza (26) Limbangan Tengah, Kecamatan Limbangan, memancing ikan di sekitar Munjul.

Usai memancing, keduanya mandi berenang tak jauh dari areal mancing. Namun karena diduga kelelahan, korban Dedi malah tenggelam, Reza sendiri beruntung bisa selamat dan meminta pertolongan kepada warga.

“Kejadiannya sekitar pukul 15.30 Wib, Sabtu (23/10/21). Awalnya saya melihat ada dua orang seperti sedang mandi tak jauh dari lokasi mancing. Setelah beberapa menit, satu orang muncul ke permukaan sambil minta tolong, karena yang satunya tenggelam,” ujar Utis, warga Munjul yang saat itu sedang memperbaiki rakit pemancingan.

Selanjutnya, Warga bersama Team SAR gabungan langsung melakukan pencarian pada Sabtu petang.

Namun pencarian dihentikan pada malam hari karena korban tak kunjung ditemukan.
Sementara itu Kantor SAR Bandung yang menerima laporan langsung mendatangi lokasi kejadian.

Pada proses pencarian lanjutan, mulai Minggu pagi, Team SAR Bandung membawa alat utama yang digunakan, antara lain, 1 unit Rescue Carrier, 1 set Palsar Air, 1 set peralatan AlKom, 1set Peralatan Medis dan APD Personal.

Selain itu juga menerjunkan 3 perahu motor dari Basarnas, BPBD dan Polairud Polres Sumedang.

Namun, hingga kini diketahui bahwa korban masih dalam pencarian.

Latest news

Related news

- Advertisement -