29.2 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli 2024
BerandaHeadlineKabar Baik! BOR Covid-19 di Rumah Sakit Seluruh Indonesia Sudah Dibawah 10%

Kabar Baik! BOR Covid-19 di Rumah Sakit Seluruh Indonesia Sudah Dibawah 10%

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Bed Occupancy Ratio (BOR) Covid-19 di rumah sakit seluruh Indonesia sudah dibawah 10%. Bahkan, sempat mencapai 6% di minggu lalu.

Hal ini diungkapkan oleh Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), dr. Lia G. Partakusuma.

- Advertisement -

“Kami saat ini BOR yang ada di rumah sakit itu rata-rata sudah di bawah 10%. Bahkan Minggu lalu itu sekitar 6% hanya bed occupancy ratenya, artinya apa? Berarti seluruh Indonesianya sudah Alhamdulilah ya sudah mengalami penurunan Covid yang cukup bermakna,” ungkap Lia, Selasa (12/10/2021).

Meski masuk dalam kategori aman, Lia meminta agar masyarakat tidak bereuforia dengan pencapaian ini. Sebab, masih ada sejumlah daerah yang memiliki BOR lebih dari 20%.

“Tetapi tentu kita tidak bisa euforia, tidak bisa kita lengah karena kalau kami lihat masih ada beberapa daerah ya yang bahkan punya bed occupation rate itu masih lebih dari 20%,” paparnya.

“Jadi itu daerah-daerahnya memang masih di seperti di Papua ya, kemudian juga kemarin ada di Aceh, Jogja, Bali, NTT. Tapi itu kalau yang di Jogja itu masih di bawah 20%. Tapi itu menunjukkan mungkin apa namanya tempat tidur, jumlah tempat tidur di daerah tersebut memang masih belum maksimal ya,” jelas Lia.

Selain itu, Lia juga mengatakan tetap waspada terhadap angka kematian akibat Covid-19.

“Tapi bagaimanapun kami juga tetap memantau angka kematian. Dan angka kematian kita ini naik turun, antara 2%, 3% ya. Kemarin juga kami lihat di bulan Oktober kok jadi 3,38%. Padahal di bulan Juli kita cuma 2,66%.”

“Jadi artinya walaupun kita dari segi angka, bahwa dari segi angka kelihatan penurunan tapi kami juga tetap di rumah sakit itu punya kewaspadaan yang tinggi,” papar Lia.

Latest news

Related news

- Advertisement -