29.2 C
Jakarta
Rabu, 24 Juli 2024
BerandaHeadlineBPOM Sebut Belum Ada Vaksin Covid-19 Untuk Anak di Bawah Usia 12...

BPOM Sebut Belum Ada Vaksin Covid-19 Untuk Anak di Bawah Usia 12 Tahun

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pemerintah masih melakukan upaya agar anak-anak di bawah usia 12 tahun dapat melakukan vaksin Covid-19. Namun ternyata hingga kini vaksin tersebut belum tersedia.

Hal ini mengingat anak-anak pada kelompok usia tersebut sudah kembali melakukan sekolah tatap muka sehingga banyak permintaan untuk memberikan vaksin Covid-19. Saat ini anak-anak hanya dapat memperketat protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

- Advertisement -

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang memenuhi standar untuk diberikan ke anak-anak. Alasannya sangat jelas, ini berkaitan dengan keamanan generasi suatu bangsa.

“Kami masih menunggu data terkait dengan vaksin Covid-19 untuk anak-anak. Sudah ada beberapa platform vaksin yang diusulkan yaitu Sinopharm dan Sinovac, tapi kami tegaskan masih ada data-data dari mereka yang perlu dilengkapi lagi,” paparnya, Kamis (7/10/2021).

“Sinopharm sendiri sudah kami terima datanya (terkait pemberian vaksin untuk anak-anak). Segera (jika datanya sudah benar-benar lengkap) kami bisa memberikan izin penggunaan darurat (EUA). Pada pemberian vaksin kelompok usia anak-anak, diperlukan ekstra perhatian karena mereka ini kelompok rentan,” lanjut Penny.

Vaksinasi anak-anak memang merupakan bagian dari target pemerintah dalam program vaksinasi Covid-19. Tapi menurut Penny, usia anak-anak adalah usia yang rentan, sehingga dalam dunia Sains, soal pengembangan, pengujian, dan evaluasi hasil uji klinik vaksin dilakukan dengan sangat hati-hati.

“Aspek keamanan jadi sangat penting, termasuk juga aspek imunogenisitas. Tapi, aspek keamanan pada vaksinasi anak-anak itu teramat penting, sehingga sekarang kami masih menunggu data lebih lengkap lagi,” tambahnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -