26.8 C
Jakarta
Jumat, 3 Desember 2021
BerandaNewsNasional3.103 Orang Ditetapkan jadi Komponen Cadangan, Jokowi : Harus Siaga Dalam Keadaan...

3.103 Orang Ditetapkan jadi Komponen Cadangan, Jokowi : Harus Siaga Dalam Keadaan Darurat Militer

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Dalam rangkaian Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/10/2021) pagi ini telah menetapkan anggota komponen cadangan tahun 2021.

Sebanyak 3.103 orang yang ditetapkan di Lapangan Terbang Suparlan, Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Kopassus.

- Advertisement -

“Dengan mengucap Bismillah pada hari ini kamis 7 Oktober tahun 2021 pembentukan komponen cadangan tahun 2021 secara resmi saya nyatakan ditetapkan,” kata Jokowi dalam siaran youtube sekretariat presiden.

Baca Juga :

Presiden Joko Widodo Pimpin Upacara Penetapan Komcad di Batujajar

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga turut hadir dalam upacara tersebut, melaporkan tahapan pembentukan komponen cadangan pendaftaran pada 17-31 Mei 2021. Kemudian seleksi pada 1 -17 Juni 2021. Lalu latihan dasar kemiliteran 21 Juni sampai dengan 18 September 2021.

“Penetapan tanggal 7 Oktober 2021 Komponen cadangan sejumlah 3.103 orang terdiri dari rindam jaya 500 orang, Rindam III/Siliwangi 500 orang, Rindam IV/Diponegoro 500 orang, dan Rindam V/Brawijaya 500 orang, Rindam XII Tanjung Pura 499 orang, Universitas Pertahanan 604 orang,” kata Prabowo.

Jokowi mengatakan masa aktif komponen cadangan tidak dilakukan setiap hari. Nantinya pada anggota komponen cadangan setelah ditetapkan akan kembali ke profesi masing-masing.

“Anggota komponen cadangan tetap beprofesi seperti biasa, masa aktif komponen cadangan hanyalah pada saat melakukan pelatihan dan pada mobilitasasi,” ucap Jokowi.

Jokowi melanjutkan jika anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dibutuhkan negara. Ia juga menjelaskan komponen cadangan dikerahkan negara dalam keadaan darurat militer atau perang.

“Anggota komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara. Komponen cadangan dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang,” ungkapnya.

Mantan Wali Kota Solo tersebut pun berterima kasih kepada para anggota yang telah sukarela mendaftarkan diri sebagai komponen cadangan. Serta mengikuti proses seleksi dan mengikuti pelatihan militer.

“Hari ini saudara-saudara ditetapkan sebagai anggota komponen cadangan,” ujarnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -