26.1 C
Jakarta
Sabtu, 27 Juli 2024
BerandaHeadlineSejumlah Peristiwa Pada 6 Oktober : Ade Irma Nasution Meninggal Dunia

Sejumlah Peristiwa Pada 6 Oktober : Ade Irma Nasution Meninggal Dunia

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Pada tanggal 6 Oktober terjadi beberapa peristiwa di belahan dunia termasuk di Indonesia.

Beberapa peristiwa yang terjadi di Indonesia antara lain adalah Ade Irma Suryani Nasution, anak dari pahlawan revolusi Jenderal Besar TNI Abdul Harris Nasution, meninggal dunia.

- Advertisement -

Merangkum dari Wikipedia, berikut adalah sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 6 Oktober, antara lain:

1. Ade Irma Suryani meninggal dunia

Ade Irma Suryani Nasution lahir di Jakarta, 19 Februari 1960 dan meninggal di Jakarta, 6 Oktober 1965 pada umur 5 tahun.

Ia adalah putri bungsu Jenderal Besar TNI Abdul Harris Nasution. Ade terbunuh dalam peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) yang berusaha untuk menculik Jenderal Besar TNI Abdul Harris Nasution.

Ade yang berumur 5 tahun tertembak ketika berusaha menjadi tameng ayahandanya. Dalam peristiwa tersebut tewas juga ajudan Jenderal Besar Abdul Harris Nasution yaitu Kapten Anumerta Pierre Andreas Tendean.

2. Instagram resmi dirilis

Pada 6 Oktober 2010 Instagram resmi dirilis. Dalam teknisnya, media sosial ini merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filterdigital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri

Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 atau 16:9 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

3. Presiden Mesir Anwar Sadat dibunuh

Jenderal Besar Mohammed Anwar Al Sadat lahir di Mit Abu Al-Kum, Al-Minufiyah, Mesir, 25 Desember 1918 dan meninggal di Kairo, Mesir, 6 Oktober 1981 pada umur 62 tahun.
Ia adalah seorang tentara dan politikus Mesir. Ia menjabat sebagai Presiden ketiga Mesir pada periode 15 Oktober 1970 hingga terbunuhnya pada 6 Oktober 1981.

Oleh dunia Barat ia dianggap sebagai orang yang sangat berpengaruh di Mesir dan di Timur Tengah dalam sejarah modern.

Pada 6 Oktober 1981, Presiden Anwar Sadat tewas ditembak dalam sebuah parade militer oleh anggota tentara Jihad Islam. Ini merupakan organisasi muslim Mesir berhaluan keras yang menentang perjanjian damai Mesir dengan Israel. Tindakan represif anggota Jihad Islam terlihat dalam peristiwa September. Anwar Sadat kemudian digantikan oleh Wakil Presiden Hosni Mubarak.

4. Pembukaan Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 di Jakarta.

Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 atau Asian Para Games, juga dikenal sebagai Pesta Olahraga Difabel Asia ke-3, serupa dengan Pesta Olahraga Asia 2018, sebagai ajang olahraga untuk atlet Asia dengan disabilitas. Ajang olahraga ini diadakan di Jakarta, Indonesia.

Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Difabel Asia. Acara diadakan di kota tuan rumah Jakarta dan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Upacara pembukaan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, sementara upacara penutupan diadakan di Stadion Madya Gelora Bung Karno.

Untuk pertama kalinya Bhutan memulai debutnya dalam Pesta Olahraga Difabel Asia ini dan diperkenalkannya olahraga catur pada program Pesta Olahraga Difabel Asia, dengan tidak diselenggarakannya cabang olahraga dayung, layar, sepak bola 5 dan 7-a-side, olahraga tari kursi roda dan rugbi kursi roda.

Latest news

Related news

- Advertisement -