26 C
Jakarta
Sabtu, 4 Desember 2021
BerandaNewsSiswa SMK di Ciamis Meninggal Dunia Setelah Vaksinasi Covid-19, Apa Yang Terjadi?

Siswa SMK di Ciamis Meninggal Dunia Setelah Vaksinasi Covid-19, Apa Yang Terjadi?

- Advertisement -

Bandung, IndoChannel.id – Seorang siswa SMK meninggal dunia setelah melakukan vaksin Covid-19 di Ciamis, Jawa Barat. Mendengar kabar tersebut, Ketua Komda KIPI Jawa Barat Kusnandi Rusmil mengungkapkan hasil investigasi di balik kematian siswa SMK tersebut.

“Berdasarkan penelusuran tim KIPI Jabar, almarhum anak yang pandai di sekolah. Sehingga sangat ingin diimunisasi agar bisa ke sekolah, dua minggu sebelum divaksin yang bersangkutan sakit. Waktu hari H diimunisasi sebetulnya belum sehat betul,” ujar Kusnandi, dikutip IndoChannel.id dari detikcom, Rabu (22/9/2021).

- Advertisement -

Kejadian ini berawal saat siswa tersebut melakukan vaksinasi di SMAN 1 Sindangkasih, Rabu (1/9/2021) pagi. Ketika pulang, siswa itu mulai merasa tidak enak badan bahkan sempat mengalami kejang. Kemudian keluarga bergegas menghubungi dokter. Saat dokter tiba ke rumahnya, siswa tersebut sudah meninggal dunia.

“Tidak membawa ke rumah sakit, akan tetapi memanggil petugas kesehatan, kemudian petugas memanggil dokter jaga, dokter datang dinyatakan yang bersangkutan sudah meninggal,” ujarnya.

Menurut Kusnadi, dua minggu sebelum disuntik vaksin almarhum menunjukkan gejala sakit yang cukup parah akibat komorbid tersebut. Sayangnya, Kusnadi tidak mau menyebutkan lebih lanjut terkait penyakit komorbid yang diderita almarhum.

“Tidak ada human error, jadi orang mau diimunisasi kan susah. Jadi dia sehat-sehatin, dua minggu sebelumnya sakit dan ini agak lumayan jadi saya enggak bisa cerita penyakit lain. Jadi ada komorbid dia tidak jujur dan dikuat-kuatin, ini (almarhum) anak pandai sebetulnya diimunisasi agar ingin bersekolah,” tutur Kusnandi.

Kusnadi pun meminta agar semua warga yang hendak divaksinasi jujur dalam melaporkan kondisi kesehatan. Selain itu, petugas pemeriksa pun harus benar-benar teliti.

“Peristiwa ini jadi pelajaran,” sambungnya lagi.

Ia juga menekankan saat datang ke sentra vaksinasi pastikan kondisi tubuh penerima vaksin dalam keadaan yang betul-betul sehat.

“Secepatnya divaksin, usahakan dalam keadaan sebaik-baiknya waktu di vaksin dengan istirahat cukup, makan cukup, dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -