32.9 C
Jakarta
Kamis, 18 April 2024
BerandaNewsPresiden Joko Widodo Akan Pidato Secara Virtual di Sidang ke-76 PBB

Presiden Joko Widodo Akan Pidato Secara Virtual di Sidang ke-76 PBB

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Presiden Joko Widodo dikabarkan akan menyampaikan pidatonya secara virtual pada sidang ke-76 Majelis Umum PBB, Kamis (23/9/2021) waktu Indonesia atau Rabu (22/9/2021) waktu New York.

“Presiden RI akan menyampaikan pidato di Sidang ke-76 Majelis Umum PBB besok, Rabu 22 September sore waktu New York, atau Kamis pagi waktu Jakarta, secara virtual. Dan saya yang akan menghantarkan pidato Presiden,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan pers secara virtual pada Rabu (22/9/2021).

- Advertisement -

Retno menyebut, saat ini dirinya sedang berada di New York dalam rangka menghadiri High Level Week Sidang ke-76 Majelis Umum PBB. Pada tahun ini, agenda tersebut dilakukan secara hybrid, di mana tahun lalu dilakukan virtual penuh karena pandemi.

Sedangkan Presiden Sidang ke-76 Majelis Umum PBB adalah Abdulla Shahid dari Maladewa yang juga merupakan Menteri Luar Negeri negara tersebut. Adapun tema Sidang Majelis Umum PBB tahun ini adalah “Building resilience through hope – to recover from COVID19, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations”.

“Tema ini tentunya menggambarkan tantangan yang masih dihadapi dunia saat ini, dari Covid-19 hingga perubahan iklim, dari kemiskinan yang semakin dalam akibat pandemi hingga masih terjadinya konflik di berbagai belahan dunia,” jelas Retno.

Sebanyak 195 negara dari belahan dunia dijadwalkan akan berpartisipasi dalam High Level Week Sidang ke-76 Majelis Umum PBB. Dari jumlah itu, 107 negara di antaranya berpartisipasi pada tingkat kepala negara, baik yang hadir maupun yang menyampaikan statement secara virtual.

“Dari ASEAN, hampir semua pemimpin menyampaikan statement secara virtual, kecuali Presiden Vietnam,” sambungnya.

Latest news

Related news

- Advertisement -