26 C
Jakarta
Rabu, 27 Oktober 2021
BerandaHeadlinePPKM Diperpanjang Hingga 4 Oktober 2021, Anak di Bawah Usia 12 Tahun...

PPKM Diperpanjang Hingga 4 Oktober 2021, Anak di Bawah Usia 12 Tahun Boleh Masuk Mall?

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan perpanjangan kembali PPKM Jawa-Bali hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

Luhut menyebut jika saat ini di wilayah Jawa-Bali sudah tidak ada daerah yang berstatus PPKM Level 4. Ia juga mengatakan, angka kasus Covid-19 harian di Jawa-Bali turun hingga 98,0 persen dari titik puncaknya pada 15 Juli 2021.

- Advertisement -

“Dengan berbagai perbaikan tersebut, Saya bisa sampaikan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa dan Bali,” papar Luhut melalui konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021).

Dalam perpanjangan PPKM kali ini, pemerintah menerapkan berbagai aturan baru. Berikut adalah penyesuaian aturan atau pembatasan yang berlaku selama PPKM diterapkan:

  1. Uji coba pembukaan Pusat Perbelanjaan atau Mall bagi anak-anak di bawah usia kurang dari 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orangtua yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DIY dan Surabaya.
  2. Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2, namun dengan kewajiban penggunaan aplikasi Peduli Lindungi serta penerapan Protokol Kesehatan yang ketat. Kategori Kuning dan Hijau dapat memasuki area bioskop.
  3. Pembukaan pelaksanaan pertandingan Liga 2 akan digelar di kota kabupaten Level 3 dan 2 dengan maksimal 8 Pertandingan per minggu.
  4. Restoran di fasilitas olahraga yang sifatnya outdoor dapat beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Perkantoran non esensial di kabupaten kota level 3 dapat melakukan 25 persen WFO bagi pegawai yang sudah divaksin dan harus sudah memakai QR Peduli Lindungi.
  5. Pembatasan pintu masuk perjalanan internasional. Pintu masuk udara hanya dibuka di Jakarta dan Manado. Pintu masuk laut hanya di Batam dan Tanjung Pinang. Jalur darat dapat dibuka di Aruk, Entikong, Nunukan, dan Motaain.

Latest news

Related news

- Advertisement -