32.1 C
Jakarta
Sabtu, 23 Oktober 2021
BerandaNewsAsops KSAU Tinjau Latihan PAR-21

Asops KSAU Tinjau Latihan PAR-21

- Advertisement -

Lombok, IndoChannel.id – Asisten Operasi KSAU Marsekal Muda TNI M. Khairil Lubis berkesempatan meninjau latihan bersama (Latma) Pacific Airlift Rally (PAR) 2021 antara TNI AU dengan United States of Pacific Command Air Force (US PACAF), di Lombok Nusa Tenggara Barat, Kamis (9/9/2021).

Kedatangan Asops KSAU pada peninjauan ini dalam rangka melihat secara langsung latihan dropping zone Container Delivery System (CDS) di daerah latihan penembakan atau Area Weapon Range (AWR) Lanud TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Rambang Lombok Timur.

- Advertisement -

Latihan PAR-21 yang bertujuan meningkatkan keterampilan dan kemahiran para penerbang C130 Hercules kedua negara dalam rangka misi kemanusiaan, memberikan bantuan dan penanganan bencana melalui media udara yaitu melaksanakan penerjunan barang, untuk membantu korban bencana alam yang lokasinya tidak dapat ditembus melalui jalan darat.

Pada kesempatan ini Asops Kasau didampingi Paban III Latiihan Staf Operasi Angkatan Udara Kolonel Pnb M. Mujib dan Danlanud ZAM Kolonel Pnb Khairun Aslam.

Adapun skenario latihan hari ketiga ini, dua pesawat C130 Hercules dari TNI AU dan USAF dengan call sign Kanto Flight, take off dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) menuju daerah sasaran dan akan melakanakan penerjunan barang secara bergantian.

Pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Skadron Udara 33 Lanud Hasanuddin Makassar ini yang dipiloti oleh Mayor Pnb Pratama Ivandi membawa satu bundel CDS seberat 600 kg dan akan diterjunkan ke dropping zone dengan ketinggian 600 feet.

Semantara, pesawat C-130J Super Hercules dari US PACAF yang dipiloti Captain Blake Stokes juga menerjunkan satu bundel CDS dari ketinggian 600 feet seberat 500 kg di dropping zone.

Disela-sela kegiatan Latihan bersama Pacific Airlift Rally 21, juga dilaksanakan Military Band SMEE yaitu pertemuan antar Komandan musik militer dari kedua negara, dikesempatan tersebut dilaksanakan rekaman dan pembuatan video klip lagu kopi dangdut. Adapun pengambilan video klip bertempat di area hotel Aruna, Lombok.

Latest news

Related news

- Advertisement -