32.9 C
Jakarta
Sabtu, 23 Oktober 2021
BerandaNewsMengenal Scretome Booster yang Digunakan Panglima TNI Sebagai Booster Sinovac

Mengenal Scretome Booster yang Digunakan Panglima TNI Sebagai Booster Sinovac

- Advertisement -

Jakarta, IndoChannel.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menerima booster. Namun, booster yang diterima Hadi bukanlah suntikan vaksin melainkan Scretome Booster.

Hal tersebut diketahui setelah Presiden Joko Widodo menanyakan langsung kepada Hadi saat kunjungan kerja yang di hadiri Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kalimantan Timur.

- Advertisement -

“Saya pakai Scretome,” ujar Hadi di saat peresmian Jalan tol Balikpapan- Samarinda.

Lalu apa itu Scretome Booster?

Menurut Kepala RSAU dr Esnawan Antariksa, Kolonel Kes dr Mukti Arja Berlian menjelaskan Scretome merupakan Mesenchymal Scretome Stem Cell (MSC) dari Stem Cell Tali Pusat Manusia. MSC ini berfungsi sebagai booster vaksin Sinovac.

“Yang dimaksud Scretome booster ini adalah Mesenchymal Scretome Stem Cell (MSC) dari Stem Cell Tali Pusat Manusia sebagai Booster Vaksinasi Sinovac,” katanya kepada wartawan.

Mukti menjelaskan stem cell atau dikenal Sel Punca merupakan induk dari semua sel yang ada di tubuh manusia.

Sel Punca adalah sel induk yang menjadi jejak utama DNA. Sel ini mampu berdeferensiasi menjadi lebih dari 200 sel lain dalam tubuh dengan spesifik.

Sel yang ada di dalam tubuh akan mengalami mati setelah bekerja menyelesaikan tugasnya. Untuk menggantikan sel yang mati ini, maka stem cell akan membelah diri untuk menghasilkan sel baru demi meneruskan tugas sel yang sudah mati tersebut.

Mukri melanjutkan stem cell‌ ini memiliki tugas untuk memperbaiki jaringan yang terluka atau menggantikan sel lain pada saat mereka mengalami kematian rutin.

Adapun manfaat dari Secretome Sel Punca bagi pasien COVID-19, antara lain:

1. Menghentikan Badai Sitokin

2. Mencegah Fibrosis Paru

3. Memperbaiki disfungsi Paru

4. Memperbaiki lingkungan mikro Paru

5. Melindungi sel epithel alveolar Paru

6. Meningkatkan fungsi paru

Sedangkan manfaat Scretome Booster yaitu:

1. Akan mendorong Sel T Regulator untuk mengaktivasi lebih banyak sel limfosit B memori. Sel B memori inilah yang nanti berubah menjadi sel plasma yang akan memproduksi lebih banyak IgG / Antibodi spesifik untuk melawan Antigen spesifik COVID-19.

2. Dan IL-10 dan TGF Beta akan mendorong T Regulator untuk memproduksi lebih banyak IL-10 dan Interferon, yang akan membangkitkan dendritic sel type Plasmatoid. Di mana fungsi Plasmatoid, yaitu untuk melawan Antigen COVID-19.

“Dengan pemberian Scretome Booster ini tentunya akan lebih baik dan menjaga atau memperkuat vaksin Sinovac di dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terpapar Covid-19,” tutup Mukti.

Latest news

Related news

- Advertisement -